IBX5980432E7F390 Asal Usul Nama Depok Dari Berbagai Versi - Depok Netizen

Asal Usul Nama Depok Dari Berbagai Versi

Depok Netizen - Walau pun ada istilah "apalah arti sebuah nama", namun tetap saja bahwa sebuah nama biasanya memiliki sejarahnya masing-masing. Nama "Depok" juga memiliki sejarah tersendiri dan juga mempunyai berbagai versi. Baik nama depok yang ada di berbagai daerah, atau nama Depok yang kemudian menjadi nama sebuah kota di provinsi Jawa Barat.



Inilah beberapa versi dari asal usul nama "depok"

1. Secara umum

Asal usul kata depok diambil dari kata "padepokan". Kata padepokan identik dengan tempat pendekar silat, seniman, atau para pujangga dalam masyarakat Jawa. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), arti padepokan adalah tempat persemedian (pengasingan diri) raja-raja di Jawa pada masa lalu, sanggar seni tari.

2. Era Kerajaaan Padjajaran dan Banten

Dikisahkan bahwa Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjajaran melakukan sebuah perjalanan dan sempat singgah di sebuah tempat tidak jauh dari sungai Ciliwung dan daerah itu kini dikenal bernama Beji. Saat itu Prabu Siliwangi "ngedeprok" yang menurut pribumi asli, deprok artinya duduk santai.

Sultan Agung Tirtayasa dan Pangeran Purba dari Kerajaan Banten juga pernah melakukan sebuah perjalanan ke Cirebon melalui kawasan Depok dan sempat menetap beberapa waktu di wilayah Beji sebelum melanjutkan perjalanan ke Cirebon. Salah seorang pengikut Pangeran Purba, yaitu Mbah Raden Wujud tidak melanjutkan perjalanan ke Cirebon, melainkan memilih menetap dan mendirikan sebuah padepokan untuk menyebarkan agama Islam. Padepokan tersebut berkembang menjadi sebuah perkampungan yang oleh Kesultanan Banten kemudian disebut Depok atau Padepokan.

3. Era Kolonial Belanda

Adalah Cornelis Chastelein seorang saudagar kaya VOC yang membeli tanah begitu luas untuk perkebunan dan menyebarkan agama Kristen di wilayah yang dibelinya tersebut. Ia menyebut daerah penyebarannya dengan bahasa Belanda yaitu De Ereste Prostestantse Organisatie van Kritenen (artinya organisasi Kristen pertama) atau yang disingkat DEPOK.



Dari beberapa versi asal usul nama kota Depok, menurut kami yang paling mendekati adalah versi ketiga. Kalau kalian versi yang mana?

0 Komentar Untuk "Asal Usul Nama Depok Dari Berbagai Versi"

Posting Komentar