IBX5980432E7F390 Daftar Pura di Kota Depok - Depok Netizen

Daftar Pura di Kota Depok


Depok Netizen - Pura adalah tempat ibadah bagi umat beragama Hindu. Jika di Bali kita tidak asing dan banyak menjumpai Pura karena memang di pulau Dewata tersebut mayoritas merupakan pemeluk agama Hindu, lain halnya dengan tempat-tempat di luar pulau Bali. Kota Depok misalnya, mungkin tidak banyak orang mengetahui dimana saja sih di Depok yang terdapat Pura?
Berikut ini Daftar Pura yang ada di Kota Depok :

1. Pura Amrta Jati
Daftar Pura di Kota Depok, Pura Amerta Jati
Pura Amrta Jati, Cinere, Depok
Pura yang lebih dikenal dengan nama Pura Cinere ini terletak di Jalan Punak No.33, Kelurahan Pangkalan Jati, Kec. Cinere, Kota Depok dan berada di pinggir Danau Cinere atau berjarak kurang lebih 200 meter dari Mall Cinere. Pada tembok dimana terdapat tulisan Pura Amrta Jati, alamatnya masih bertuliskan Jl. Punak Raya No.33 Pangkalan Jati, Jak-Sel. Ya, dahulunya memang Cinere merupakan bagian dari wilayah Jakarta Selatan, namun sejak Depok menjadi Kotamadya dan adanya pemekaran wilayah, maka kemudian sebagian dari kawasan yang bernama Cinere menjadi bagian dari Kota Depok.

Pura Amrta Jati berbeda dengan Pura Amerta Jati. Yang di Depok bernama Pura Amrta Jati, sedangkan Pura Amerta Jati berada di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, sehingga sering juga disebut dengan Pura Balekambang (bukan Balekambang yang ada di Condet, Jakarta Timur lho ya).

Pura ini diresmikan pada tahun 1985 ditanggal yang berbeda dan oleh 2 pejabat yang berbeda :
  • Pada tanggal 3 Juli 1985 diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia saat itu H. Munawir Sjadzali, MA.
  • Pada tanggal 7 Juli 1985 diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut saat itu Laksamana TNI M. Romly
Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa diresmikan oleh KSAL? Ya, karena Pura ini berdiri atas izin dan berada di tanah yang dikuasai oleh Angkatan Laut Republik Indonesia dimana di Pangkalan Jati memang terdapat komplek perumahan bagi prajurit dan perwira TNI Angkatan Laut Republik Indonesia.


2. Pura Prajapati Purna Pralina
Daftar Pura di Kota Depok, Pura Prajapati Purna Pralina
Pura Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok yang kini bernama Pura Prajapati Purna Pralina
Lokasi pura ini adalah sama dengan pura yang dahulu bernama Pura Korps Brimob. Jika dahulu Pura Korps Brimob beralamat di Jalan Akses UI No.74, Kelapa Dua, Depok, kini pura yang sekarang bernama Pura Prajapati Purna Pralina ini beralamat di Jalan Menpor Palsigunung No.87, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok. Tempatnya tidak jauh dari Markas Komando (Mako) Brimob, Kelapa Dua, Depok. 

Pura yang menjadi bagian dari Korps Brimob Kelapa Dua Depok ini pernah mengalami renovasi pada tahun 2014 yang diresmikan oleh Kepala Brimob ketika itu Inspektur Jendral Polisi Robby Kaligis.


3. Pura Tribhuana Agung
Daftar Pura di Kota Depok, Pura Tribhuana Agung
Pura Tribhuana Agung, Depok
Lokasi Pura Tribuana Agung berada di Jalan Kerinci Raya No.10, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Pura Tribhuana Agung Depok diresmikan pada tanggal 8 Oktober 1994 oleh Dirjen Bimas Hindu dan Buddha Departemen Agama Republik Indonesia saat itu I Ketut Pasek yang disaksikan oleh Walikota Depok Drs. H. Sofyan Safari Hamim.

Demikian Daftar Pura yang ada di Kota Depok, semoga bermanfaat.

0 Komentar Untuk "Daftar Pura di Kota Depok"

Posting Komentar