IBX5980432E7F390 Telusur Asal-usul Nama Kampung Pitara di Depok - Depok Netizen

Telusur Asal-usul Nama Kampung Pitara di Depok


Depok Netizen - Di Depok, nama "Pitara" adalah nama sebuah kampung, nama jalan dan nama situ yang terletak di wilayah Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas. 
  • Jalan Pitara Raya membentang mulai dari perempatan lampu merah Sengon atau kawasan yang disebut "ex Bioskop Sandra" hingga ke arah Jembatan Serong di Kelurahan Cipayung tepatnya dekat Perumahan Green Pitara. 
Telusur Asal Usul Nama Kampung Pitara Depok
Telusur Asal Usul Nama Kampung Pitara Depok
  • Kampung / Kp. Pitara juga berada di wilayah Kel. Pancoran Mas, namun batas-batasnya tidak terlalu jelas. 
  • Kemudian ada satu lagi, nama jalan yaitu Jalan Kp. Pitara yang juga terletak di Kel. Pancoran Mas, tepatnya berada di perkampungan di pinggir Perumahan Puri Depok Mas. Note : Kp singkatan dari Kampung
  • Situ (danau kecil) Pitara

Situ Pitara?
Ya, dahulu di Depok ada situ bernama Situ Pitara yang sangat luas kurang lebih 7 hektar. Diperkirakan situ ini membentang mulai dari tempat yang kini menjadi tempat atau komplek Balai Penelitian dan Pengembangan Budi daya Ikan Hias hingga ke Situ yang sekarang dikenal dengan Situ Pancoran Mas yang luasnya tidak diperkirakan kurang dari 1 hektar.

Mungkin banyak orang bertanya-tanya, apa sih artinya Pitara? Jika nama jalan atau nama setu bisa diambil dari nama perkampungan, bagaimana dengan nama kampung itu sendiri? Dari mana asal-usul nama kampung Pitara?

Literasi dan sejarah mengenai asal-usul nama kampung Pitara relatif sedikit sulit ditelusuri. Salah satu sumber nama "Pitara" adalah peta jaman kolonial Belanda tahun 1901 dimana disana tertera suatu areal bernama "Pitara" dan "S. Pitara" dimana Pitara diperkirakan sebuah area pemukiman penduduk dan S. Pitara kemungkinan adalah antara Situ Pitara.
Asal Usul Nama Kampung Pitara Depok
peta Pitara tahun 1901 - sumber : Poestahadepok
Berdasarkan peta lama di atas, yang disebut "Pitara" di atas kemungkinan merupakan pemukiman atau perkampungan penduduk yang dekat dengan situ. Namun kini yang disebut dengan Kampung Pitara sepertinya meluas tidak hanya dekat dengan sisa-sisa Situ Pitara yang kini disebut Situ Pancoran Mas.
Telusur asal usul nama kampung Pitara Depok
Situ Pancoran Mas yang dahulunya bernama Situ Pitara
Di Indonesia, kata "Pitara" dapat ditemui pada bahasa Batak yang mempunyai arti 'Cara". Kata "Pitara" juga dikenal masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya masyarakat Buton yaitu dalam cerita rakyat "Raja Indara Pitara".  Umat Hindu, terutama yang ada di Bali meyakini tentang Dewa Hyang atau dikenal juga dengan Dewa Pitara. Umat Hindu di Banyuwangi juga mengenal sebuah kegiatan ritual yang dinamakan Ritual Puja Pitara/Pitra, yaitu suatu ritual dalam mengingat leluhur dan mengirimkan doa atau pemujaan kepada Tuhan agar leluhurnya mendapatkan ampunan.

Dalam bahasa Hindi (bahasa nasional India), Pitara berarti ayah atau bapak. Seperti kita ketahui bahwa agama Hindu lahir ketika bangsa Arya masuk ke wilayah yang kita kenal sekarang sebagai India, sehingga dapat dikatakan bahwa India merupakan tempat lahirnya agama Hindu. Kata "Pitara" juga ditemui atau banyak berhubungan dengan hal-hal yang berbau India.

Walaupun jejak-jejak pengaruh Hindu berupa situs, candi dan lain-lain di Depok hampir dikatakan tidak ada, namun bila menengok sejarah Nusantara berabad-abad yang lampau dimana wilayah Indonesia banyak berdiri kerajaan-kerajaan Hindu-Budha serta pada sekitar abad pertama Masehi yang mana wilayah Banten dan sebagian Jawa Barat sekarang ini dahulunya merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Salakanagara sebuah kerajaan Hindu yang raja pertamanya yaitu Dewawarman I diyakini merupakan seorang pedagang asal Bharata, India, maka nama Pitara pada Kampung Pitara, Depok kemungkinan berasal dari pengaruh agama Hindu dimasa lampau. 

Jika asumsi nama "Pitara" pada kampung Pitara merupakan pengaruh dari Hindu di masa lalu, yang menjadi pertanyaan adalah apa arti dan makna kata Pitara pada kampung Pitara tersebut?

Mungkin pembaca ada yang tahu? Silahkan isi komentar.


0 Komentar Untuk "Telusur Asal-usul Nama Kampung Pitara di Depok"

Posting Komentar