IBX5980432E7F390 Cari Homeschooling di Depok, Ini Daftar Homeschooling di Depok - Depok Netizen

Cari Homeschooling di Depok, Ini Daftar Homeschooling di Depok


Depok netizen - Apa itu homeschooling? Homeschooling (orang awam mengartikannya sebagai "sekolah rumah" sementara banyak pakar pendidikan lebih memilih istilah "sekolah mandiri") adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan yang sifatnya informal. Sesuai namanya, tentu saja proses belajar mengajarnya sebagian besar dilakukan di rumah baik di rumah siswa atau di suatu rumah yang telah ditentukan dan dibawah pengarahan orangtua. Selain di rumah, kegiatan belajar siswa juga dapat dilakukan di luar seperti di alam bebas, di laboratorium, museum  dll. Jika Anda pernah mendengar sekolah alam, itu adalah salah satu model sekolah homeschooling yang berbasis alam/lingkungan.

Daftar Homeschooling di Depok
Homeschooling di Depok
Lalu apa perbedaannya dengan pendidikan formal lainnya? Berikut ini beberapa perbedaan antara sekolah formal dengan homeschooling :

  1. Sistem pendidikan sekolah formal menggunakan standarisasi yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan, sedangkan homeschooling lebih menitikberatkan pada kebutuhan anak dan kondisi keluarga.
  2. Fasilitas sekolah formal tentu saja jauh lebih lengkap, sementara homeschooling hanya menggunakan fasilitas yang ada.
  3. Kurikulum sekolah formal lebih ketat karena harus sesuai kurikulum, sementara homeschooling lebih fleksibel dalam artian bisa menggunakan kurikulum seperti sekolah formal pada umumnya atau mengikuti kurikulum sekolah luar negeri atau membuat kurikulum khusus yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswanya.
  4. Jadwal sekolah formal sudah terjadwal ketat, sedangkan homeschooling lebih fleksibel dimana jadwal tergantung pada kesepakatan orangtuan dan anak.
  5. Penangungjawab dan peran pada sekolah formal lebih kepada sekolah dan guru, sedangkan homeschooling adalah orangtua siswa itu sendiri.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika orangtua akan memilih homeschooling, antara lain yaitu :

  1. Pastikan memahami metode homeschooling, karena pendidikan nonformal ini berbeda dengan sekolah formal lainnya.
  2. Orangtua harus memiliki waktu yang jauh lebih banyak untuk sang anak.
  3. Ketahui kebutuhan dan minat anak, ini penting untuk menentukan pilihan program dan kurikulum homeschooling bagi sang anak.
  4. Perhitungkan juga mengenai biayanya, karena umumnya homeschooling memerlukan biaya lebih mahal dari pada sekolah reguler.

Jika Anda telah yakin dan ingin anak Anda memilih pendidikan homeschooling, berikut ini daftar lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan homeschooling :

  1. Homeschooling Primagama, Jl. Depok Indah I No.2, Kel. Kemirimuka, Kec. Beji. Telp. 0811 1115003
  2. Homeschooling Alam, Jl. Tanah Baru Raya Gg. Anggrek No.80, Kel. Tanah Baru, Kec. Beji. Telp. 021-29208974
  3. PKBM Homeschooling Hiama, Jl. Pondok Duta Raya No.4, Kel. Tugu, Kec. Cimanggis. Telp. 021-8713761
  4. Homeschooling BPIM Depok, Jl. Pesona Depok Estate Blok AF No.2, Kel. Depok, Kec. Pancoran Mas. Telp. 021-77216972
  5. Pride Homeschooling, Jl. Markisa, Cinere. Telp. 0877-74560472
  6. Solution Homeschooling, Jl. Pondok Duta Raya No.16A, Kel. Baktijaya, Kec. Sukmajaya. Telp. 0852 16572880
  7. Kinaara Homeschooling, Jl. Lamongan No.23, Cinere. Telp. 021-7548749
  8. Homeschool Total Mind Learning, Laveria Residence No.B3, Jl Krukut Raya, Limo. Telp. 021-78888952


Semoga bermanfaat.

3 Komentar Untuk "Cari Homeschooling di Depok, Ini Daftar Homeschooling di Depok"

  1. Kebetulan anak saya homeschooling di PKBM Semesta Ilmu. Ada layanan kelas online dan konsultasi nya. Web nya di www.semesta-ilmu.sch.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasi nya di Jl. Keadilan Raya, Komplek Arco, Pancoran Mas. Sekarang tutup tapi layanan aktif terus via online.

      Hapus
    2. Ih.. ada yang endorse PKBM saya, makasih gan, yang minat Putra/i nya yang home schooling agar dapat NISN dan resmi tercatat di Dapodik Kemendikbud bisa WA saya di 089695139393

      Hapus