IBX5980432E7F390 Berbagai Komunitas Yang Ada di Depok - Depok Netizen

Berbagai Komunitas Yang Ada di Depok


Depok netizen - Menurut wikipedia, "komunitas" adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Komunitas dapat terbentuk berdasarkan lokasi atau tempat, berdasarkan minat dan berdasarkan suatu ide yang mendukung komunitas itu sendiri. 

Apa bedanya komunitas dengan klub atau organisasi? Suatu komunitas lebih fleksibel dimana semua anggota merupakan pengurus komunitas dan tidak terikat aturan baku seperti adanya AD/ART sebagaimana di klub atau sebuah organisasi. Tidak memiliki keterikatan dalam komunitas artinya para anggota komunitas bisa datang dan pergi sesuka mereka. Bisa saja dari suatu komunitas kemudian membentuk suatu klub, organisasi atau bahkan yayasan.

Di era internet dan online seperti sekarang ini, terbentuknya komunitas tidak hanya terjadi di dunia nyata tetapi tidak sedikit yang terbentuk di dunia maya atau secara online melalui jejaring media sosial seperti fb dan lain-lain. Namun demikian, komunitas yang terbentuk secara online tersebut tetap akan membutuhkan kegiatan di dunia nyata atau kopi darat istilahnya.
Komunitas-komunitas yang ada di Depok
Komunitas di Depok
Pendapat beberapa pakar mengenai pengertian komunitas

Kertajaya Hermawan, Pakar Marketing Indonesia
Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana didalamnya terjadi relasi pribadi yang erat dari para anggota karena adanya kesamaan ketertarikan atau nilai.

Etienne Wenger, Praktisi Komunitas
Komunitas adalah kelompok sosial yang memiliki habitat lingkungan dan ketertarikan yang sama dalam ruang lingkup kepercayaan atau ruang lingkup lainnya.

Hendropuspito, Pakar Sosiologi Agama
Komunitas adalah suatu kelompok sosial atau kumpulan nyata, teratur dan tetap dari para individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama.

Apa ada manfaat dari komunitas?

Ada beberapa hal positif atau manfaat dari komunitas terutama bagi para anggotanya, antara lain yaitu :
  • Sarana bertukar dan berbagi informasi
  • Untuk menjalin hubungan sesama manusia sebagai mahluk sosial yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.
  • Saling membantu dan memberi dukungan antar sesama anggota komunitas dan diluar komunitas

Lalu komunitas apa saja yang ada di Depok?
Berikut ini daftar beberapa komunitas yang ada di Depok :

Komunitas Ciliwung Depok (KCD)
Logo Komunitas Ciliwung Depok (KCD)
Markas KCD berada di Jl. Boulevard Grand Depok City, tepatnya dekat jembatan GDC Sungai Ciliwung jika dari arah Jl. Raya Kartini ada di sebelah kanan. Sementara sekretariatnya berada di Komplek Wartawan Purimulya, Jl. Sensor No.3, Kalimulya, Depok.

KCD merupakan komunitas pencita alam dan penggiat lingkungan yang sudah eksis sejak tahun 2010. Salah satu dari sekian banyak kegiatannya adalah melakukan kegiatan Bebenah Ciliwung yaitu membersihkan sampah di Sungai Ciliwung pada gelaran HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional) pada 29/02/2019.

Komunitas Rumah Tanpa Jendela (RTJ)
Komunitas Rumah Tanpa Jendela, Depok
Komunitas Rumah Tanpa Jendela, Depok
Nama komunitas ini sama dengan sebuah judul novel yang terbit pada tahun 2011, entah novel ini diilhami oleh komunitas ini atau tidak tapi yang jelas Komunitas RTJ telah eksis sejak tahun 2007.
Komunitas dengan tagline "pendampingan berbasis seni dan kreativitas" ini ada di Jl. Yahya Nuih No.34, Kp. Gedong, Kel. Kemirimuka, Kec. Beji, Depok.

RTJ berdiri pada 27 April 2007 yang berawal dari sebuah komunitas rumah singgah untuk remaja yang mengalami problem interaksi. Selain sebagai tempat belajar dan berkreasi, RTJ juga menjadi tempat tinggal sementara untuk para mantan napi anak. Kini RTJ berkembang menjadi komunitas yang melibatkan masyarakat terutama remaja, mahasiswa dan umum yang tertarik dengan aktivitas berbagi ilmu, berbasis seni dan kreativitas.

Komunitas Pendaki Kantoran (KPK) Korwil Depok
Komunitas Pendaki Kantoran Korwil Depok
Komunitas Pendaki Kantoran Korwil Depok
Sekretariat : Jl. Raya Bogor No.15. Kel. Tugu, Kec. Cimanggis, Depok.
Dari namanya, anggota komunitas ini bisa ditebak yaitu para pendaki dan pecinta alam yang bekerja di kantoran. 

Komunitas JELAJAH
Puri Sriwedari Cibubur A-19, Cimanggis, Depok.
Komunitas Jelajah (Jejak Langkah Sejarah)
Sebuah komunitas yang bertujuan menumbuhkan rasa cinta terhadap sejarah, budaya, bahasa, kemasyarakatan, teknologi dan sains, termasuk peristiwa, tokoh, tempat dan peninggalannya. Dalam perjalanannya, berawal dari keprihatinan terhadap proses belajar, komunitas membangun jaringan untuk memasyarakatkan learning expeditions yang dikemas dengan nama Jelajah (Jejak Langkah Sejarah).

Komunitas Depok Clean Action (DCA)
Komunitas Depok Clean Action
Komunitas Depok Clean Action

Ide pembentukan gerakan "Clean Action" berdasarkan pengamatan terhadap negara Jepang yang mampu menjaga kebersihan. Kebersihan negara Jepang bukan semata-mata karena petugas kebersihan namun karena peran besar masyarakatnya yang begitu sadar untuk membuang sampah secara benar. Selain di Depok, gerakan Clean Action juga telah hadir di kota-kota lain seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Serang, Bandung, Jombang, Banda Aceh, Medan, Padang, Palangkaraya, Samarinda, Banjarmasin dll, baik dalam bentuk gerakan maupun sebuah komunitas. Terdapat juga komunitas Clean Action lain yaitu Divers Clean Action yang juga disingkat dengan DCA, merupakan komunitas para penyelam (Diver) yang berjuang membersihkan sampah di laut.
DCA merupakan sebuah komunitas kepedulian lingkungan khususnya terhadap masalah sampah. Komunitas ini dibentuk pada tanggal 6 Maret 2016 di Depok dengan penggagas Bayu Gawtawa dan Dony Aryanto. Salah satu program DCA adalah Gerakan Pungut Sampah (GPS). Program GPS tersebut dilaksanakan dan disosialisasikan pada setiap Hari Minggu mulai pukul 07:00 WIB di area Waterpark GDC (Grand Depok City). 

Selain aktif dengan kepedulian lingkungan, komunitas ini juga melakukan kegiatan sosial lainnya seperti penggalangan dana atau donasi untuk Bencana Palu-Donggala, kemudian juga mengadakan workshop gratis membuat design e-flyer. Komunitas ini juga rajin mengunjungi sekolah untuk sosialisai dan edukasi lingkungan. Komunitas DCA yang punya semboyan "Aksi, Edukasi dan Inspirasi" ini terbuka bagi siapa saja yang peduli dengan kebersihan, lingkungan dan tentu punya jiwa sosial yang baik.


Bagi yang ingin menghubungi Komunitas DCA dapat menghubungi salah satu nomor contact person 0896 28761707 dengan Sdr. Mei.

0 Komentar Untuk "Berbagai Komunitas Yang Ada di Depok"

Posting Komentar