IBX5980432E7F390 Bulan Puasa dan Timun Suri di Depok - Depok Netizen

Bulan Puasa dan Timun Suri di Depok


Depok Netizen - Tidak lama lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan atau bulan puasa. Pada bulan puasa, secara umum makanan yang sering dijadikan untuk berbuka adalah kurma sedangkan jenis makanan dan minuman selain kurma tentu di setiap daerah punya olahan makanan dan minuman yang berbeda-beda.
Begitu juga dengan kota Depok. Pada bulan puasa dari tahun ke tahun, buah di Depok yang kebanyakan hanya muncul di saat bulan puasa adalah timun suri. Tanaman buah timun suri bukanlah jenis tanaman musiman, melainkan jenis tanaman yang dapat ditanam kapan saja. Namun buah ini justru menjadi buah istimewa karena banyak muncul justru dibulan ramadhan.
Buah Timun Suri di Salah Satu Kebun di Depok
Salah Satu Kebun Timun Suri di daerah Rangkapan Jaya, Depok
Dahulu di sepanjang pinggir Jalan Raya Grogol atau Jalan Meruyung masih banyak sekali yang menanam buah timun suri. Kini jumlahnya semakin menyusut karena banyak lahan yang berubahnya fungsi menjadi ruko, kioas atau perumahan. Walau demikian masih ada yang menanam buah timun suri di lahan-lahan yang jauh dari pinggir jalan besar. Seperti di jalan gandul dan jalan krukut. Mereka adalah para petani yang menanam jenis tanaman sayuran, tetapi ketika menjelang bulan puasa mereka beralih menanam timun suri.

Alasan mereka menanam timun suri karena permintaan buah yang masih berkerabat dengan labu-labuan ini meningkat pada bulan puasa dan tentu secara ekonomi akan menambah pemasukan pendapatan mereka. Selain itu, masa tanam tanaman buah timun suri termasuk pendek. 
Depok dan Timun Suri
Buah Timun Suri penampilannya mirip buah pepaya

Kenapa buah timun suri termasuk buah yang banyak dicari ketika bulan puasa?

Pada bulan puasa, timun suri biasanya menjadi menu berbuka puasa. Olahan timun suri biasanya daging buah timun suri dijadikan campuran es buah atau hanya diberi sirup dan es.

Apa manfaat buah timun suri?

Ternyata karena kandungan dan manfaat dari buah timun suri itulah yang menyebabkan buah ini dicari banyak orang ketika bulan puasa. Berikut ini beberapa kandungan dan manfaat timun suri :
  • Timun suri mengandung kalium yang cukup tinggi yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesegaran tubuh.
  • Khasiat lainnya dari timun suri adalah dapat mencegah atau mengobati panas dalam serta mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.
  • Buah timun suri juga mengandung vitamin C dan sebagai sumber antioksidan alami.

1 Komentar Untuk "Bulan Puasa dan Timun Suri di Depok"