IBX5980432E7F390 Daftar SMA Terbaik, Favorit dan Pilihan di Kota Depok - Depok Netizen

Daftar SMA Terbaik, Favorit dan Pilihan di Kota Depok


Depoknetizen - Selepas menempuh pendidikan Sekolah Menengah Pertama atau SMP, para siswa akan melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya yaitu pilihan antara Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sekolah kejuruan yang sekarang dikenal dengan nama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Madrasah Aliyah (MA). Jika pilihan jatuh untuk memilih melanjutkan ke SMA, tentu akan berusaha mendapatkan sekolah yang favorit baik negeri maupun swasta.
Jumlah SMA Negeri (SMAN) di Depok hanya berjumlah 15 sekolah, sedangkan jumlah SMA swasta jauh lebih banyak dibandingkan SMA Negeri. Dari seluruh sekolah-sekolah tersebut baik SMA Negeri maupun swasta tentu ada beberapa yang menjadi favorit atau pilihan. Kriteria SMA Negeri favorit dan pilihan depoknetizen tidak hanya berdasarkan sarana, prasarana serta fasilitas sekolah namun juga berdasarkan pada prestasi sekolah dalam kurun waktu beberapa tahun seperti dari segi peringkat sekolah maupun jumlah lulusan siswa yang berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan juga prestasi non akademik lainnya.

Berikut ini daftar SMA Negeri favorit dan pilihan di Depok :


1. SMAN 1 Depok

Sekolah yang dikenal dengan nama "SMANSA" (SMA Negeri SAtu) ini berlokasi di Jalan Nusantara Raya, Perumnas Depok Jaya, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas ini merupakan SMA Negeri pertama di Depok yang berdiri sejak tahun 1979 yaitu saat Perumnas Depok mulai banyak ditempati. Walau ketika itu Depok secara administrasi merupakan bagian dari Kabupaten Bogor, tapi SMA Negeri 1 Depok diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu yaitu Ali Sadikin.
SMAN 1 Depok, SMA Favorit di Depok
SMAN 1 Depok, SMA Favorit di Depok
SMAN ini pernah menjadi Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Tahun 2015 SMAN 1 Depok mendapat predikat SMA Negeri terbaik versi Kemendikbud di Kota Depok. Pada tahun 2017, SMAN ini menempati urutan pertama pada Daftar Peringkat SMA Negeri di Kota Depok.
Sudah banyak prestasi yang dicapai para siswa-siswi SMANSA, salah satu prestasi terkini yang diraih siswa-siswi SMAN 1 Kota Depok yaitu berhasil menyabet 3 medali (1 medali perak dan 2 medali perunggu) pada ajang OSN (Olimpiade Sains Nasional) tahun 2018 yang diselenggarakan di Padang.
Tahun 2017 dan 2018 sebanyak 303 siswa siswi lulusan SMAN 1 Depok yang berhasil masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) favorit melalui berbagai jalur seperti SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri dll.


2. SMAN 2 Depok

SMA Negeri 2 Depok berlokasi di Jl. Gede Raya No. 177, Kelurahan Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Depok, berdiri sejak tahun 1985 di atas lahan seluas 10.000 meter persegi. Sekolah dengan julukan "SMADA" ini menempati peringkat kedua Daftar Peringkat SMA Negeri di Kota Depok tahun 2017. SMAN 2 Depok juga merupakan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional.
SMAN 2 Depok, Jawa Barat, SMA favorit di Depok
SMAN 2 Depok, Jawa Barat
Siswa-siswi SMADA yang lolos SMPTN dan PPKB tahun 2017-2018 sebanyak 210 orang. Prestasi siswa-siswi SMAN 2 Depok yang pernah diraih yaitu 1 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu pada ajang OSN tahun 2016. Berikutnya pada tahun 2017 dalam ajang kejuaraan internasional (IESO) di Perancis, salah satu siswa meraih 1 medali emas dan 1 medali perak.

3. SMAN 3 Depok

Sama dengan SMAN 2 Depok, SMAN 3 Depok ini awalnya juga merupakan vilial dari SMAN 1 Depok. Sekolah yang beken dengan nama "SMANTI" ini sudah ada sejak tahun 1986 dan pada tahun 1987, melepaskan diri dari SMAN 1 tetapi kegiatan belajar-mengajar masih menumpang gedung di SMAN 1 Depok, baru pada tahun 1989 menempati gedung baru yang merupakan gedung sendiri di Jl. Raden Saleh No.45, Sukmajaya, Depok.
SMAN 3 Depok, salah satu SMA favorit di Depok
SMAN 3 Depok, salah satu SMA favorit di Depok
SMAN 3 Depok pada tahun 2017 menempati peringkat pertama di Kota Depok sebagai SMA yang meloloskan siswanya dalam SNMPTN 2017 yaitu sebanyak 77 orang. Berbagai prestasi lainnya telah diraih para siswa-siswi SMAN 3 Depok antara lain menyabet juara 1 lomba debat hukum SMA se-Jabodetabek, juara 1 tim bola basket putri se-kota Depok.

Lihat juga : SD Terbaik, Favorit dan Unggulan di Depok
Berikut ini daftar SMA swasta favorit dan pilihan di Depok :

1. SMAIT Nurul Fikri


Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri (SMAIT NF) yang lokasinya berada di Jl. Haji Sairi No.145, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis ini menjadi SMA swasta terbaik di Kota Depok, hingga tak heran SMA ini menjadi SMA favorit dan pilihan di Kota Depok. Bayangkan, 73 % (88 siswa dari 131 siswa) lulusan SMAIT NF ini berhasil diterima di Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2018. Tak hanya siswanya, gurunya pun berprestasi dimana pada tahun 2016 guru kimia SMAIT NF mewakili Provinsi Jawa Barat mengikuti Olimpiade Guru Kimia Tingkat Nasional.
SMAIT Nurul Fikri, SMA Favorit di Depok
SMAIT Nurul Fikri, SMA Favorit di Depok
Prestasi akademik dan non akademik yang dicapai para siswa-siswi dan juga para guru dari SMAIT NF selain yang disebutkan di atas masih banyak lagi seperti Finalis OSN Guru Sosiologi Tingkat Nasional tahun 2016, Juara II Berkuda Internasional di Thailand pada tahun 2014, meraih Medali Emas Lomba Panahan di DKI Jakarta tahun 2014, meraih Medali Emas dan Perak Kejuaraan Taekwondo se Indonesia pada tahun 2013, juara I Lomba desain alat peraga Sains se Jabodetabek di UI Depok pada tahun 2009 dan masih banyak lagi.

2. SMA Pribadi


Sekolah yang lokasinya berada di Jalan Margonda Raya No.229 ini merupakan Boarding School yang menerapkan dua bahasa (Bilingual) dalam kegiatan belajar-mengajarnya. Tidak mengherankan karena sekolah ini bekerja sama dengan Cambridge Assessment International Edcucation (Cambridge International School). Dibawah Yayasan Yenbu Indonesia yang bekerja sama dengan Yayasan PASIAD Turki mendirikan sekolah Pribadi pada tahun 1995. Selain SMA terdapat juga jenjang pendidikan SD dan SMP dengan nama sama dibelakangnya yaitu "Pribadi".
Sekolah favorit di Depok
Sekolah Swasta di Depok, Pribadi
Prestasi yang dicapai sekolah ini antara lain yaitu tingkat keberhasilan siswanya masuk PTN sebanyak 69 % pada tahun 2018. Pada tahun 2006, empat siswa SMA Pribadi berhasil meraih Medali Emas dan Medali Perang dalam ajang Kompetisi Matematika dan Komputer di Kazakhstan dan Rumania. Sebagai informasi, hingga saat ini SMA Pribadi ini hanya menerima murid laki-laki karena keterbatasan tempat.

3. SMA Islam Dian Didaktika


Sekolah yang berada di kawasan Cinere tepatnya di Jl. Rajawali Blok F No.10-16 Cinere Estate ini berdiri sejak tahun 2007. Menjadi salah satu sekolah favorit dan unggulan di Kota Depok karena prestasi yang diraih tidak hanya siswa-siswinya saja tetapi para gurunya ikut berprestasi.


SMA Dian Didaktika, Sekolah Favorit di Depok
SMA Dian Didaktika, Sekolah Favorit di Depok
Sebanyak 65% lulusan siswa SMA ini diterima Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Prestasi lainnya antara lain : Salah satu siswi SMA Dian Didaktika berhasil meraih juara dunia pada Global IT Chalange di India pada November 2018. Pada gelaran Indonesia Open Masters Athletics Championship yang diikuti 8 negara para guru SMA Dian Didaktika berhasil meraih 3 perak. Pada ajang Kejuaraan Nasional Atletik Master Solo Open 2018, para guru meraih 5 Medali.

Demikian daftar 6 SMA Favorit dan Pilihan di Kota Depok, semoga bermanfaat

0 Komentar Untuk "Daftar SMA Terbaik, Favorit dan Pilihan di Kota Depok"

Posting Komentar