IBX5980432E7F390 Jelajah Kuliner di Depok - Mie Ayam - Depok Netizen

Jelajah Kuliner di Depok - Mie Ayam


Depok netizen - Bakmi atau mi merupakan bahan panganan yang aslinya berasal dari Cina. Di Indonesia, olahan makanan berbahan bakmi begitu banyak. Dari yang non-instan hingga mie instan. Dari bakmi goreng, bakmi seafood, bakmi kuah hingga bakmi tumis. Dari bakmi tek-tek hingga bakmi dok-dok. Dari bakmi Aceh hingga bakmi Jawa. Dari berbagai jenis bakmi tersebut, ada satu yang paling populer dan banyak digemari serta dianggap makanan sepanjang masa yaitu Bakmi Ayam atau Mi Ayam (ada juga yang menulisnya Mie Ayam)
Jelajah Kuliner di Depok - Mie Ayam
Jelajah Kuliner di Depok - Mie Ayam
Walaupun bakmi berasal dari Cina, tetapi Mie Ayam adalah masakan Indonesia karena Mie Ayam seperti di Indonesia tidak ditemukan di Cina. Entah siapa orangnya yang pertama kali memperkenalkan mie ayam, yang jelas pada era tahun 80-an bakmi rebus yang populer ketika itu bernama Mie Pangsit. Kepopuleran Mie Pangsit kala itu kemungkinan dari cara makannya yang menggunakan supit, bukan sendok atau garpu sebagaimana kebiasaan sebagian besar orang Indonesia.

Mie Ayam, sesuai namanya makanan ini berupa mi dan daging ayam yang dipotong kotak kecil-kecil dan ditambah sayuran berupa sawi hijau. Banyak juga yang menambahkan variasi lain seperti pangsit basah atau pangsit kering, taoge (biasanya mie ayam Bangka),  bakso, jamur hingga ceker ayam. Penyajiannya ada yang menggunakan kuah atau tanpa kuah, ada juga yang disebut mie ayam yamin. Tambahan lain yang sering digunakan yaitu daun bawang atau bawang goreng. Ada beberapa jenis bentuk mie yang digunakan, mie keriting, mie ppih kecil dan mie agak besar.

Penjual Mie Ayam di Depok sangatlah banyak, mulai dari kelas gerobakan pinggir jalan hingga kelas mall. Penjual mie ayam yang paling banyak dan terkenal yaitu yang berasal dari daerah Wonogiri, Jawa Tengah. Biasanya, penjual mie ayam asal Wonogiri tersebut tidak hanya menjual mie ayam tetapi juga mie bakso.

Kali ini depoknetizen memberikan testimoni dan penilaian pribadi terhadap beberapa mie ayam yang pernah depoknetizen rasakan, mulai dari kelas gerobakan hingga kelas mall yang tentunya yang ada di Depok saja.

Bakmi Roxy - Cabang Margonda
Bakmi Roxy Cab. Margonda, Depok
Bakmi Roxy Cab. Margonda, Depok
Nama Bakmi Roxy sudah sangat terkenal di Jakarta (di Jakarta ada di Roxy Jakarta Barat yang merupakan pusatnya, kemudian di Cikini) dan yang di Depok ini merupakan cabang Bakmi Roxy Jakarta. Lokasinya di Jalan Margonda tidak jauh dari Lampu Merah Ramanda atau seberang Richees Factory. Di sini tidak hanya menyajikan menu mie ayam, tapi juga ada bihun, kwetiau dan bakso. Jenis mie yang dipakai adalah mie pipih kecil.
Soal rasa mie ayam disini  menurut kami enak sekali, tidak mahteh (semakin banyak menyantap justru menjadi tidak enak dan berasa eneg) dan kami beri nilai 8.5 dari skala 10

Bakmi Margonda
Salah satu outlet cabang Bakmi Margonda, Depok
Salah satu outlet cabang Bakmi Margonda, Depok
Sebenarnya menu utama Bakmi Margonda ini adalah jenis mi goreng seperti mie goreng ayam, mie goreng sapi dan mie goreng seafood, namun mereka juga menyajikan menu mie ayam. Jenis mie yang dipakai adalah mie pipih kecil. Sawi hijaunya cukup banyak disajikan dalam satu mangkok mie ayam, selain pilihan pangsit basah ada tambahan pangsit goreng.
Outlet utamanya berada di Jalan Margonda Raya dan outlet cabang juga ada.
Cita rasa mie ayam di Bakmi Margonda ini bagi kami beri nilai 8 dari skala 10.

Bakmi Tugu
Bakmi Tugu, Tanah Baru, Beji, Depok
Bakmi Tugu, Tanah Baru, Beji, Depok
Sebelumnya bernama Mie Ayam Kota, kemudian berganti nama menjadi Bakmi Tugu. Sesuai dengan namanya, lokasi Mie Ayam ini berada di dekat prapatan Gong Tugu, Tanah Baru, Beji, DepokPelanggan di sini terbilang cukup ramai. Parkir kendaraan terutama mobil juga tersedia. Selain mie ayam, di sini juga tersedia mie bakso.
Mie yang digunakan adalah mie keriting dengan sajian bakso terpisah dan pangsit kering.
Cita rasa mie ayamnya menurut kami sedikit terasa manis, ciri khas mie ayam Wonogiri. Penilaian kami terhadap rasa mie ayam di sini yaitu 8 dari skala 10.

Mie Ayam Fuad - Pitara
Jelajah Kuliner di Depok - Mie Ayam
Mie Ayam Fuad, Pitara, Depok
Mie ayam kelas gerobakan kaki lima ini ada di Jl. Wadas Raya, Pitara, Kel. Pancoran Mas. Jenis mie yang digunakan disini adalah mie pipih kecil. Potongan daging ayamnya bersih tanpa campuran kulit, tulang dll. Saus yang dipakai Saus Belibis. Varian tambahan pilihan yaitu bakso, pangsit basah dan pangsit kering.
Cita rasa mie ayam ini eunaakk, kami sering beli disini dan menurut kami nilai yang pantas diberikan adalah 9 dari skala 10.
Jelajah Kuliner di Depok : Soto Mie Bogor
Mie Ayam Sukabumi
Mie Ayam Sukabumi, Depok
Lokasinya ada di Jl. Masjid Nurul Huda No.49, Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya. Masuknya tidak jauh dari Jl. Boulevard GDC. Menu yang ada di sini yaitu mie ayam biasa, mie ayam ceker / bakso dan bakso kuah. Mie yang digunakan adalah mie keriting kecil dan potongan daging ayamnya bersih. Penyajiannya menggunakan tambahan bawang goreng. Cita rasa bumbu pada potongan daging ayamnya gurih dan manisnya sangat terasa. Jadi mie ayam ini lebih cenderung ke mie ayam yamin.
Dari segi cita rasa, kami beri nilai 8.5 dari skala 10.

Mie Ayam Gajah Mungkur
Mie ayam ini sangat khas tampilan gerobaknya, yaitu gerobak kayu dengan cat berwarna biru. Penjualnya dapat Anda temui di banyak tempat, baik menempati kios maupun di kaki lima. Mie yang digunakan mie agak besar. Penyajiannya umumnya hanya mie, daging ayam dan tambahan daun bawang. Satu porsi mangkok ukurannya banyak sekali.
Pernah mencoba mie ayam ini dari beberapa pedagang berbeda, cita rasanya tidak jauh berbeda. 

Mie Ayam Bangka Elis
Jelajah Kuliner di Depok - Mie Ayam
Jelajah Kuliner di Depok - Mie Ayam
Lokasinya berada di Jalan Raya M. Ridwan Rais, Beji, tepatnya di samping bekas dealer motor. Tempatnya cukup nyaman dengan area parkir untuk mobil dan motor.
Mie ayam bangka punya ciri khas tersendiri yaitu sayurannya selain sawi hijau ada tambahan taoge. Untuk bakso atau pangsit basah adalah pilihan lainnya.
Soal cita rasa mie ayamnya, kami beri nilai 8.5 dari skala 10.

Mie Ayam Pak Gentong
Mie ayam ini satu manajemen dengan Bubur Ayam Pak Gentong yang berlokasi di Puri Depok Mas, Jalan Raya Sawangan, Depok. Dari segi bumbu pada potongan ayamnya, mie ayam ini cenderung ke rasa manis yang begitu terasa. Walaupun bukan mie ayam bangka, tapi di sini terkadang juga menggunakan taoge sebagai tambahan sayur selain sawi hijau.
Soal cita rasa mie ayam di sini, kami beri nilai 7.5 dari skala 10.

Kalau pembaca ada referensi tempat makan mie ayam di Depok yang enak dan belum pernah kami coba, bisa disampaikan di kolom komentar ya.

0 Komentar Untuk "Jelajah Kuliner di Depok - Mie Ayam"

Posting Komentar