IBX5980432E7F390 Mengenal Tipe Rumah Sakit di Indonesia - Depok Netizen

Mengenal Tipe Rumah Sakit di Indonesia


Depok Netizen - Rumah sakit di Indonesia dibagi menjadi 5 tipe yaitu Tipe A, B, C, D dan E. Pembagian tipe ini didasarkan pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI No.986/Menkes/Per/11/1992. Pembagian tipe meliputi pelayanan rumah sakit umum pemerintah dan swasta. Perbedaan antar tipe berdasarkan pada fasilitas dan penunjang medis pada setiap rumah sakit.

Perlunya mengetahui tipe-tipe rumah sakit karena dalam pelayanan pasien BPJS menggunakan sistem berjenjang atau rujukan yang dimulai dari fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama seperti klinik atau puskesmas.
Mengenal Tipe Rumah Sakit di Depok
Mengenal Tipe Rumah Sakit


Rumah Sakit Tipe A

Merupakan rumah sakit tipe tertinggi dimana rumah sakit mampu memberikan pelayanan spesialis dan subspesialis secara luas. Rumah sakit tipe A ditetapkan sebagai tempat pelayanan rujukan paling tinggi dan disebut sebagai rumah sakit pusat. Sampai dengan tulisan ini diturunkan, belum ada satu pun rumah sakit di Depok yang bertipe A. Contoh rumah sakit tipe A di Jakarta yaitu RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.


Rumah Sakit Tipe B

Rumah sakit tipe B merupakan rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran medik spesialis luas dan subspesialis terbatas. Beberapa rumah sakit di Depok ada yang bertipe B yaitu RS Hermina, RS Mitra Keluarga, RS Sentra Medika, RS Meilia dan RS Puri Cinere (Hospital Cinere).
RS Puri Cinere, salah satu RS tipe B di Depok
RS Puri Cinere, salah satu RS tipe B di Depok
Rumah Sakit Tipe C

Merupakan tipe rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan medis subspesialis terbatas. Setidaknya terdapat 4 pelayanan spesialis yang tersedia yaitu pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak dan pelayanan kebidanan / kandungan. Rumah sakit tipe C merupakan rumah sakit yang didirikan di kota-kota kabupaten sebagai faskes tingkat 2 yang menampung pasien rujukan dari faskes 1. Di Depok, rumah sakit tipe C merupakan yang terbanyak seperti RSUD Depok, RS Bhayangkara Brimob, RS Bhakti Yudha, RSU Bunda Depok, RS Grha Permata Ibu, RS Tugu Ibu, RS Permata Depok dll.

RS Bhakti Yudha salah satu RS tipe C di Depok
RS Bhakti Yudha salah satu RS tipe C di Depok
Rumah Sakit Tipe D

Rumah sakit dengan tipe ini hanya memberikan pelayanan kedokteran umum dan kedokteran gigi. Seperti rumah sakit tipe C, rumah sakit tipe D juga dapat menampung pelayanan yang berasal dari faskes tingkat pertama. Rumah sakit tipe D juga bersifat transisi karena pada akhirnya akan ditingkatkan menjadi rumah sakit tipe C. Masih ada beberapa rumah sakit tipe D di Depok seperti RS Harapan Depok, RS Simpangan Depok.


Rumah Sakit Tipe E

Adalah rumah sakit khusus yang memberikan pelayanan hanya satu macam pelayanan kedokteran seperti RS jiwa, RS jantung, RS kusta, RS paru dll. Di Depok belum ada rumah sakit khusus seperti ini. Contoh rumah sakit tipe E antara lain RS Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo di Cisarua, Bogor, RS Jiwa Bandung Barat, RS Kusta Dr. Sitanala, Tangerang.


0 Komentar Untuk "Mengenal Tipe Rumah Sakit di Indonesia"

Posting Komentar