IBX5980432E7F390 Hutan Kota Universitas Indonesia - Depok Netizen

Hutan Kota Universitas Indonesia


Depoknetizen - Sebenarnya kawasan Universitas Indonesia (UI) di Depok dahulunya merupakan kawasan hutan dan perkebunan karet dan juga didominasi oleh ilalang yang mudah terbakar. Setelah sebagaian kecil dari arealnya menjadi Kampus Universitas Indonesia dan juga Politeknik Negeri Jakarta, hutan UI tetap dipertahankan namun ditata dan dijadikan hutan konservasi.
Hutan Kota Universitas Indonesia, Depok
Hutan Kota Universitas Indonesia, Depok

Dari areal UI seluas 320 hektar, 70 hektar merupakan Hutan Kota UI. Secara letak geografis, kawasan UI masuk ke dalam 2 (dua) wilayah administratif, yaitu wilayah administratif Jakarta Selatan dan Kotamadya Depok. Sebagian besar bangunan Kampus UI, masuk ke dalam wilayah administratif Kota Depok, sementara Hutan Kota UI sebagian besar masuk ke dalam wilayah Jakarta Selatan. Itulah mengapa pengelolaan Hutan Kota UI berada dibawah wewenang Dinas Pertanian dan Kehutanan Pemerintah DKI Jakarta. Hutan Kota UI dibagi menjadi 3 (tiga) zona. Zona Walacea (dibaca: Wales) Barat, Zona Wales Timur dan Zona Vegetasi Asli. Zona Wales Barat yaitu kawasan yang berisi tanaman atau tumbuhan dari wilayah Indonesia Barat, Zona Wales Timur untuk kawasan yang tumbuhannya berasal dari wilayah Indonesia Bagian Timur dan Zona Vegetasi Asli adalah kawasan yang tumbuhannya berasal dari Jakarta, Depok dan sekitarnya.
Zona Wales Barat, Hutan Kota UI, Depok
Zona Wales Barat, Hutan Kota UI, Depok
Di Hutan Kota UI terdapat sekitar 186 jenis tumbuhan atau pohon yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan menjadikan Hutan Kota UI sebagai hutan kota dengan jumlah keragaman pohon paling banyak dibandingkan hutan kota lain. Selain tumbuhan, Hutan Kota UI juga menjadi persinggahan dan tempat tinggal beberapa jenis burung seperti walet, cekakak, cucak kutilang, layang-layang, bentet dan lain-lain. Tidak hanya tumbuhan dan satwa burung, di dalam Hutan UI ini juga terdapat beberapa danau atau lebih tepatnya situ.

Situ terbesar di areal kampus Universitas Indonesia, Depok
Situ terbesar di areal kampus Universitas Indonesia, Depok
Hutan Kota UI telah mengalami revitalisasi beberapa kali. Misalnya pada tahun 2012, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) melalukan penanaman sebanyak 2.000 pohon di zona Wales Barat. Kemudian pada tahun 2013, pihak Universitas Indonesia bekerja sama dengan Pertamina dengan program CSR-nya, dilakukan penanaman bibit pohon sebanyak 26.000 di zona Vegetasi Asli.
Salah satu sudut Hutan Kota UI, Depok
Salah satu sudut Hutan Kota UI, Depok
Dahulu orang dapat memasuki kawasan hutan UI untuk bersepeda atau kegiatan lain. Tetapi sekarang untuk menjaga kelestarian tumbuhan dan satwa di Hutan Kota UI ini, masyarakat dilarang memasuki kawasan hutan tanpa ijin. Namun demikian, kegiatan olahraga dan bersepeda masih diijinkan dengan menggunakan jalur atau tracking lintasam yang telah disediakan dipinggir hutan. 

Yuk kita dukung dan kita jaga kelestarian dari Hutan Kota UI sebagai Ruang Terbuka Hijau dan aset yang tidak ternilai harganya bagi kelestarian lingkungan hidup ini.

0 Komentar Untuk "Hutan Kota Universitas Indonesia"

Posting Komentar