IBX5980432E7F390 Pasar Kue Subuh / Pasar Subuh di Depok - Depok Netizen

Pasar Kue Subuh / Pasar Subuh di Depok


Depoknetizen - Kue subuh disini bukanlah nama sebuah kue, tapi hanya istilah dimana penjualan kue dilakukan pada waktu sebelum subuh hingga menjelang pagi hari. Biasanya mulai pukul 03:00 hingga pukul 06:00. Kue-kue yang dijual bermacam-macam dan beraneka ragam, muali dari kue jajanan tradisional atau jajanan pasar, gorengan, lemper, lontong, sosis, pastel, risoles, brownies, kue bolu hingga kue tart.

Pasar Kue Subuh Depok
Pasar Kue Subuh Depok
Selain kue, ternyata di pasar ini juga dijual berbagai jenis panganan atau masakan matang siap makan seperti sayur daun singkong, sayur lodeh, gudeg, krecek dan lauk pauknya. Makanya pasar kue subuh sekarang lebih sering disebut "Pasar Subuh" saja. Biasanya yang membeli di pasar subuh ini kebanyakan untuk dijual kembali seperti dijual di kantor, di sekolah, di pasar, toko kue dan lain-lain. Ada juga yang membeli untuk keperluan hajatan, arisan dan lain-lain.

Jika di Jakarta kita mengenal pasar subuh di Pasar Senen dan Blok M, maka di Depok juga ada beberapa tempat yang menjadi pasar subuh, yaitu : 


Pasar Subuh Detos, Margonda

Sebelumnya lokasi pasar kue subuh ini berada di area penjualan spare part mobil yaitu di Ramanda Margonda. Karena tempatnya kurang begitu luas, kemudian di pindah ke tempat yang lebih luas, yaitu di area depan pusat perbelanjaan Depok Town Square (Detos) Jalan Margonda, Depok.

Pasar Subuh Detos Margonda, Depok
Pasar Subuh Detos Margonda, Depok
Pasar Subuh Detos tidak permanen, karena para pedagang hanya menggunakan meja-meja sementara untuk menaruh dagangan kue mulai sekitar pukul 04:00 pagi dan sudah harus selesai sebelum pukul 07:00 pagi maka meja-meja tersebut sudah dirapihkan dan tidak ada lagi di area halaman depan Detos. Pasar kue Subuh Detos hadir setiap hari dari hari Senin hingga Minggu dan tidak pernah libur walaupun hari-hari besar Nasional.


Pasar Kue Subuh, Cinere

Lokasi Pasar Kue Subuh ini tepatnya di Jalan Punak Kompleks TNI AL Cinere yang berada persis dekat Pura Hindu Cinere. Berbeda dengan pasar subuh di Detos, di pasar ini masih terpampang tulisan "Pasar Kue Subuh" dan di pasar ini terdapat kios-kios serta tenda-tenda pedagang. Jam operasional di sini juga lebih lama yaitu mulai pukul 05:00 hingga pukul 14:00 siang hari.
Pasar Kue Subuh Cinere, Depok
Pasar Kue Subuh Cinere, Depok
Pasar Kue Subuh Cinere ini namanya sempat naik ke permukaan ketika pada waktu itu Anies Baswedan yang masih menjadi calon Gubernur DKI Jakarta, mengendarai motor vespa membeli kue di pasar ini. 

Yuk ah kita beli kue di pasar subuh.

0 Komentar Untuk "Pasar Kue Subuh / Pasar Subuh di Depok"

Posting Komentar