IBX5980432E7F390 Sentra Penjualan Tanaman Hias dan Buah di Depok - Depok Netizen

Sentra Penjualan Tanaman Hias dan Buah di Depok


Depok Netizen - Hampir di setiap kota dapat dipastikan terdapat sentra penjualan tanaman, baik tanaman buah maupun tanaman hias. Kehadiran para penjual tanaman yang biasa berjualan di pinggir atau sisi jalan sebenarnya menambah hijau, keasrian, dan keindahan lingkungan di sekitarnya. Para pedagang ini biasanya tidak hanya menjual tanaman saja, namun juga kebutuhan berkebun lainnya seperti pot, media tanam, pupuk hingga obat untuk hama dan penyakit tanaman. Selain itu, penjual tanaman biasanya juga menyediakan jasa untuk pembuatan taman di rumah-rumah.

Di Depok, sentra penjualan tanaman baik tanaman hias maupun jenis tanaman lain seperti tanaman buah-buahan kini tersebar di berbagai wilayah Depok. Berikut ini beberapa sentra penjualan tanaman di Depok :

Trubus Cimanggis


Sentra Tanaman di Depok, Toko Trubus Cimanggis
Trubus Cimanggis, Sentra Tanaman di Depok
Nama "Trubus" berawal dari sebuah majalah yang mengulas tentang pertanian. Lokasi Trubus Cimanggis berada di Jalan Satelit No. 81, Kel. Mekarsari, Kec. Cimanggis, Depok. 

Tanaman yang dijual di sini lebih didominasi tanaman buah-buahan. Selain menjual tanaman, di tempat ini terbilang lengkap mulai dari kebutuhan media tanam, kompos, pupuk, obat, bibit dalam bentuk biji benih (seedling), alat berkebun hingga instalasi kebutuhan untuk hidroponik. Di Trubus Cimanggis juga ada yang disebut "Agroedutainment Center" dimana di tempat ini sering diadakan pelatihan atau workshop. Di toko Trubus Cimanggis pun menjual buah-buah segar hasil para petani binaan Trubus.


Sentra Tanaman Jl. Ir. H. Juanda, Depok
Sentra Penjualan Tanaman di Depok
Salah satu penjual tanaman di Jalan Juanda Depok
Sepanjang Jalan Ir. H. Juanda banyak berderet para pedagang tanaman, mulai dari tanaman buah hingga tanaman hias. Di jalan ini sentra pedagang tanaman terbagi dua lokasi dengan jarak cukup berjauhan antara yang di sisi kiri dan sisi kanan Jalan Juanda.


Sentra Tanaman Jl. Raya KSU, Tirtajaya
penjual Tanaman Hias di Jalan KSU Raya Depok
Salah satu penjual Tanaman Hias di Jalan KSU Raya Depok
Untuk sentra penjualan tanaman di Jalan Raya KSU, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Cilodong berada di sekitaran Lapangan Garnisun.


Sentra Tanaman Hias Jl. Bungur Raya, Kukusan
penjual Tanaman Hias di Jalan Bungur Raya, Kukusan Depok
Salah satu penjual Tanaman Hias di Jalan Bungur Raya, Kukusan Depok
Terletak di sepanjang Jl. Bungur Raya, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, atau berada di depan Mall Rongsok.


Sentra Tanaman Pengasinan dan Sawangan 
Sentra Penjualan Tanaman di Pengasinan dan Bedahan, Sawangan, Depok
Sentra Penjualan Tanaman di Pengasinan dan Bedahan, Sawangan, Depok
Di Sawangan ada beberapa sentra penjualan tanaman seperti di Kelurahan Pengasinan dan Kelurahan Bedahan. Di kedua tempat ini merupakan pusat pembibitan atau dengan kata lain tempatnya para petani tanaman. So, harganya relatif lebih murah (asal bisa nego harga alias tawar menawar).

Sentra Tanaman Hias Jalan Raya Sawangan

Lokasinya dekat dengan Kantor Kelurahan Rangkapan Jaya dan tidak jauh dari Rumah Makan Saung Talaga Jalan Raya Sawangan. Di sini para penjual tanaman juga ada yang berada di Jalan Samudera (Samping Kelurahan Rangkapan Jaya).

Sentra Tanaman Bojongsari
Penjual Tanaman Hias, Cinangka, Bojongsari, Depok
Penjual Tanaman Hias, Cinangka, Bojongsari, Depok
Letaknya di pinggir sepanjang Jalan Raya Bojongsari (dahulu Jalan Parung-Ciputat) yang masih termasuk dalam wilayah Kelurahan Cinangka, Kecamatan Bojongsari, Depok. Di kawasan ini banyak sekali penjual tanaman dengan variasi tanaman cukup beragam.

Penjual Tanaman di Jalan Nusantara

Kini di Jalan Nusantara Raya, Perumnas Depok Jaya hanya ada tiga penjual tanaman saja dimana sebelumnya terdapat lebih dari tiga penjual tanaman. Satu penjual berada dekat lampu merah PLN Depok Utara, dan dua penjual berada di seberang Bank Mandiri Jalan Nusantara Depok Jaya. Berkurangnya jumlah penjual tanaman di sini diakibatkan adanya pembenahan trotoar dan pembuatan taman-taman kecil serta akibat dari pemberlakuan sistem satu arah.

Penjual Tanaman di Jalan Salak, Perumnas Depok Jaya

Tidak jauh berbeda dengan penjual tanaman di Jalan Nusantara Raya, di tempat ini jumlah penjual tanaman juga hanya beberapa orang saja. Selain lahan yang terbatas, jalan Salak ini merupakan jalan satu arah sehingga pengunjung atau pembeli tanaman di sini tidak seramai sebelumnya.


Komunitas Kampoeng Kita Depok (K3D)
Sentra Penjualan Tanaman Hias Bonsai di Depok
Tanaman Bonsai di K3D Depok
Bagi penggemar tanaman hias bonsai, Anda tidak salah jika mengunjungi tempat ini karena di sini terdapat taman bonsai. Dengan areal lahan kurang lebih 6000 meter, Anda akan melihat berbagai jenis tanaman bonsai.
Lokasinya di Jl. Margonda Raya No.303 A-B atau tepatnya di dekat perempatan Lampu Merah Margonda-Juanda, jika dari arah walikota Depok ada di sebelah kiri dan sebaliknya jika dari arah Margocity ada di sebelah kanan. Di depan gerbang terpampang tulisan besar K3D sangat terlihat jelas dari depan.
Sentra Penjualan Tanaman di Cinere, Depok

1. Jalan Punak, Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere
Sentra Penjualan Tanaman Hias Cinere Depok
Penjual Tanaman Hias Cinere Depok
2. Jalan Cinere Raya (Seberang RS Siloam Cinere)

Bila DepokNetizen ada yang mengetahui sentra penjualan tanaman hias selain yang disebutkan di atas, bisa menyampaikan di kolom komentar ya. Terima kasih.

0 Komentar Untuk "Sentra Penjualan Tanaman Hias dan Buah di Depok"

Posting Komentar