IBX5980432E7F390 RS Harapan Depok atau RS Bhakti Yudha sebagai Rumah Sakit Pertama di Depok? - Depok Netizen

RS Harapan Depok atau RS Bhakti Yudha sebagai Rumah Sakit Pertama di Depok?


Depok Netizen - RS Harapan Depok yang terletak di Jalan Pemuda ini berawal dari sebuah Balai Pengobatan yang diperkirakan berdiri pada tahun 1960-an. Pada 20 September 1968 ketika terjadi kecelakaan maut tabrakan kereta api di Ratu Jaya *), Depok, balai pengobatan ini banyak menampung korban kecelakaan tersebut karena lokasinya yang tidak jauh dari tempat kejadian kecelakaan kereta.  Pada tahun 1990, balai pengobatan ini berubah status menjadi RS Harapan Depok setelah diambil alih oleh Yayasan Kesehatan Harapan.
RS Harapan Depok, Jalan Pemuda Depok
RS Harapan Depok, Jalan Pemuda Depok

RS Bhakti Yudha yang berada di Jalan Raya Sawangan No.2A ini berawal dari sebuah Klinik Bersalin yang didirikan pada tahun 1976. Untuk mendukung proyek perumahan nasional (Perumnas) pertama di Indonesia dan dengan semakin berkembangnya jumlah penduduk Depok maka kemudian pada tahun 1980 Klinik Bersalin ini meningkatkan statusnya menjadi rumah sakit dan bernama Rumah Sakit Bhakti Yudha.
RS Bhakti Yudha Depok
RS Bhakti Yudha Depok
RS Pertama di Depok
Lalu mengapa RS Harapan Depok disebut sebagai rumah sakit pertama di Depok? Padahal Harapan Depok dari Balai Pengobatan menjadi rumah sakit pada tahun 1990 sedangkan Bhakti Yudha dari klinik bersalin menjadi rumah sakit lebih dahulu yaitu tahun 1980.

RS Harapan Depok tercatat sebagai rumah sakit pertama di Depok dilihat dari sejarah awal berdirinya yaitu tahun 1960 sebagai balai pengobatan dan telah melayani pengobatan kepada warga terlebih dahulu dibandingkan Bhakti Yudha yang baru berdiri tahun 1976 dan juga bukan pada peningkatan statusnya dari balai pengobatan menjadi rumah sakit pada tahun 1990.

Gedung yang digunakan RS Harapan Depok saat ini merupakan gedung tua peninggalan sejarah. Dahulu semasa Cornelis Chastelein (tahun 1700 an), gedung tersebut pernah menjadi Istana Presiden Depok, Cornelis Chastelein. Pada tahun 1914, gedung tersebut kemudian menjadi gedung pemerintahan kotapraja Depok (dahulu Depok merupakan daerah otonom tersendiri yang diakui oleh Belanda).

Di halaman depan rumah sakit pertama di Depok ini terdapat Tugu Peringatan Cornelis Chastelein. Dalam sejarahnya, tugu ini pernah dibangun pada Juni 1914 dan berdiri hingga tahun 1960 dimana pada tahun tersebut tugu ini dihancurkan tanpa banyak yang tahu alasannnya. Kemudian tugu ini dibangun kembali oleh YLCC (Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein), dimana saat rencana pembangunannya kembali pada tahun 2014 banyak mendapat pertentangan dari masyarakat dan pemerintah kota Depok, namun kini tugu tersebut telah berdiri kembali.
RS Harapan Depok, rumah sakit pertama di Depok
Tugu di depan RS Harapan Depok, rumah sakit pertama di Depok
Dokter Pertama di Depok

Selain menjadi rumah sakit pertama di Depok, RS Harapan Depok ketika masih menjadi Balai Pengobatan tahun 1960-an hanya terdapat seorang dokter yang bertugas sebagai Kepala rumah sakit. Dokter inilah yang disebut-sebut sebagai dokter pertama di Depok. Beliau adalah dr. John Wilhem Karundeng yang biasa dipanggil atau disapa dr. Karundeng. 
Tentang dr. Karundeng selanjutnya, baca di sini : Dokter Pertama di Depok

RS Harapan Depok ini merupakan rumah sakit Tipe D. Jika ditingkatkan Tipe-nya yang artinya ada perluasan jumlah ruang pasien dan lainnya terkait fasilitas kemungkinan besar akan terhambat masalah gedung bangunan mengingat gedung yang digunakan saat ini merupakan gedung warisan sejarah dan masuk dalam cagar budaya yang perlu dilestarikan. Apalagi dalam waktu dekat ini, kawasan Jalan Pemuda akan dijadikan sebagai kawasan Kota Tua-nya Depok.

*) Kecelakaan tabrakan kereta di Ratu Jaya ini terjadi dua kali yaitu pada 20 September 1968 dan pada 2 Nopember 1993. Kedua kecelakaan kereta ini merupakan sejarah buruk kereta api dan transportasi Indonesia.


0 Komentar Untuk "RS Harapan Depok atau RS Bhakti Yudha sebagai Rumah Sakit Pertama di Depok?"

Posting Komentar