IBX5980432E7F390 Aplikasi Layanan Online Kepada Warga Depok - Depok Netizen

Aplikasi Layanan Online Kepada Warga Depok


Depok netizen - Perkembangan dunia digital semakin cepat terlebih pada perkembangan dunia telpon genggam alias handphone. Perkembangan ini dimanfaatkan oleh berbagai kalangan, baik perorangan, perusahaan maupun pemerintahan. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan juga Kepolisian Resort Kota Depok (Polresta Depok) tidak ketinggalan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk melayani warga masyarakat dengan meluncurkan berbagai aplikasi layanan secara online yang dapat diakses oleh warga masyarakat melalui smartphone.

Aplikasi resmi yang terkait dengan kota Depok dan media pelayanan untuk warga Depok ada dua. Pertama yaitu aplikasi yang dirilis resmi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok seperti DSW, ePPB Kota Depok, T-Reg PAD Depok, SIPP Kling, e-Kinerja. Yang kedua yaitu aplikasi yang dirilis resmi oleh Polresta (Kepolisian Resort Kota) Depok seperti Panic Button Depok dan SIP Depok.


DSW (Depok Single Window)

Aplikasi ini merupakan media informasi bagi masyarakat Depok dalam satu genggaman yang dapat diakses melalui smartphone. Fitur atau informasi dalam aplikasi ini antara lain : 
- Panggilan Darurat yang siap 1x24 jam setiap hari
- Lalu lintas, menginformasikan keadaan lalu lintas di kota Depok
- Peta Depok
- Berita Depok, menghadirkan informasi dan berita terbaru yang terjadi di Kota Depok
- Lowongan Kerja, informasi lowongan kerja khusus untuk daerah Depok
- Kesehatan, berisi antara lain daftar puskesmas, rumah sakit.
- Pendidikan, berisi informasi mengenai pendaftaran sekolah di kota Depok, informasi passing grade untuk masuk SMP, SMA, SMK di Kota Depok serta informasi tentang PPDB
- PBB, informasi seputar PBB dan juga dapat mengecek tagihan PBB secara online
- BPHTB, berisi informasi tentang BPHTB dan dapat mengecek pembayaran BPHTB secara online
- Perizinan, berisi informasi mengenai perizinan, cek tracking perizinan secara online
- Zakat, informasi mengenai pembayaran zakat melalui BAZNAS Depok
- Aspirasi, warga Depok dapat menyampaikan aspirasinya melalui aplikasi DSW dengan privasi tetap terjaga
- Contact Center, layanan pengaduan melalui panggilan ke Contact Center.


SIGAP! Depok

SIGAP! (Sistem Terintegrasi untuk Pengaduan dan Aspirasi) merupakan aplikasi pengaduan, aspirasi dan saran warga Depok kepada Pemerintah Kota Depok berbasis foto berdasarkan lokasi (GPS harus aktif). Lebih jauh tentang aplikasi SIGAP! pernah kami ulas sebelumnya dan dapat dibaca disini :

Pemerintah Kota Depok Meluncurkan Aplikasi Sigap Untuk Pengaduan Warga







e-PBB Kota Depok

Merupakan aplikasi yang dikhususkan bagi Wajib Pajak PBB Kota Depok. Dengan aplikasi ini dapat memonitor status dan pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan serta dapat melihat nilai denda terhadap keterlambatan pembayaran PBB yang setiap tahunnya jatuh tempo setiap tanggal 31 Agustus 2018.






T-Reg PAD Depok

Aplikasi ini terhubung dengan BKD (Badan Keuangan Daerah) Pemkot Depok dan merupakan aplikasi menyangkut perizinan usaha baik perizinan usaha perorangan maupun badan usaha.


e-PBBM Kota Depok

Aplikasi ini sama dengan e-PBB Kota Depok, namun tidak diupdate lagi dan nampaknya yang terus dilakukan pengembangan adalah aplikasi e-PBB yang satunya yaitu e-PBB Kota Depok. Entah kenapa Pemkot Depok sampai membuat dua aplikasi yang sama. Jika memang aplikasi e-PBBM Kota Depok sudah tidak dikembangkan dan tidak digunakan sebaiknya dihapus dari daftar di playstore google.


e-Kinerja Pemerintah Kota Depok

Merupakan aplikasi yang digunakan untuk pencatatan kinerja dari pegawai Pemkot Depok secara online.


SIPP Kling
Merupakan aplikasi berbasis web dan sistem android yang menggunakan basis data GIS untuk input data sekaligus memetakan data Profil Kesehatan Lingkungan di seluruh wilayah Kecamatan yang ada di kota Depok.









Panic Button Depok

Merupakan aplikasi tombol panik yang dapat mengirimkan informasi darurat kepada kerabat terdekat pengguna secara cepat dan tepat. Pesan darurat juga akan diteruskan secara otomatis ke Depok Command Center yang ada di Polresta Depok. Panic Button memberikan metode pengiriman kepada kerabat terdekat, melalui Push Notification tentu jika kerabat dekat pengguna telah terdaftar pada aplikasi ini. Aplikasi Panic Button Depok terus dikembangkan oleh Polresta Depok dengan memperhatikan kritik dan saran dari pengguna terutama warga Depok.



SIP Depok

Sistem Informasi Penyidikan Online (SIP-ONLINE) Polresta Depok adalah layanan aplikasi mobile dan web yang dapat digunakan oleh masyarakat yang melaporkan peristiwa pidana di SPKT Polresta Depok dan perkaranya ditangani oleh Satreskrim Polresta Depok. Polresta Depok membuat SIP-ONLINE sebagai bentuk transparasi penyelidikan/penyidikan tindak pidana yang ditangani Satreskrim Polresta Depok. Masyarakat/pelapor dapat mengetahui perkembangan perkara yang dilaporkannya, dan dapat juga berkomunikasi dengan penyidik maupun dengan atasan penyidik secara online untuk memberikan informasi, saran dan keluhan terkait penanganan perkaranya. SIP-ONLINE hadir dalam 2 (dua) platform yang bisa digunakan oleh masyarakat/pelapor yaitu melalui perangkat Android dengan mengunduh dan menginstall aplikasi SIP-ONLINE dari Google Play Store. Untuk mengetahui perkembangan perkara yang ditangani Satreskrim Polresta Depok, masyarakat/pelapor dapat mengaksesnya dengan menggunakan username dan password yang tertera pada Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) saat laporan telah diterima oleh SPKT Polresta Depok. Selain melalui aplikasi, SIP-ONLINE juga dapat diakses menggunakan web browser dengan mengunjungi alamat situs www.sipdepok.com. Halaman website ini memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi Android.


Demikian semoga bermanfaat.


0 Komentar Untuk "Aplikasi Layanan Online Kepada Warga Depok"

Posting Komentar