IBX5980432E7F390 Rumah Makan Khas Betawi di Depok - Depok Netizen

Rumah Makan Khas Betawi di Depok


Depok Netizen - Bila membandingkan jumlah rumah makan masakan khas Betawi dengan rumah makan khas lain seperti masakan Padang atau masakan Sunda yang ada di Depok, tentu saja rumah makan masakan khas Betawi jumlahnya jauh lebih sedikit. Entah kenapa bisa terjadi hal seperti itu.

Bila dibandingkan dengan menu masakan yang tersedia pada rumah makan khas Sunda, menu yang ada pada rumah makan masakan khas Betawi hampir dipastikan ada pada rumah makan masakan khas Sunda, seperti ayam goreng, sayur asam, sop daging, ikan gurame, empal, tahu, tempe dll. 

Mungkin yang paling kentara perbedaannya bahwa di rumah makan khas Sunda sudah pasti tersedia lalapan yang terpisah dari menu utama, sementara di rumah makan betawi tidak. Selain itu, tentu cita rasa masakan juga jelas berbeda. Misal, pada menu sayur asam rata-rata pada rumah makan khas Sunda bercita rasa sedikit manis, sedangkan pada rumah makan khas Betawi mempunyai cita rasa jauh dari rasa manis.

Beda dengan rumah makan khas Sunda pada papan namanya sering tidak menyebutkan bahwa rumah makannya menyajikan masakan khas Sunda. Hanya saja, nama dari rumah makan terkadang telah mewakili menu apa yang tersaji pada rumah makan tersebut. Contohnya seperti Rumah Makan Kabayan, Gubug Mang Engking, Saung Talaga dan lain-lain.

Bagi Anda yang menyukai masakan-masakan khas Betawi, berikut ini daftar rumah makan di Depok dengan menu khas Betawi :

Rumah Makan Betawi Ngoempoel
Jl. Tanah Baru No.74, Kel. Tanah Baru, Kec. Beji
Telepon : 021-77219310


Betawi Ngoempoel Depok
Betawi Ngoempoel Depok
Ornamen bangunan utama rumah makan ini sangat Betawi banget. Tempat makan yang ditawarkan oleh Rumah Makan Betawi Ngoempoel yaitu berupa beberapa saung-saung bergaya lesehan dan sebuah ruangan dengan meja-meja serta kursi sebagaimana rumah makan biasa. Di dalam ruangan juga terasa "aroma" Betawi-nya, karena ada beberapa hiasan berupa alat musik kesenian Betawi dan benda-benda tempo dulu. Saung-saung yang ada di sini tidak ada kolam ikannya ya atau tidak berada di pinggir kolam.

RM Betawi Ngoempoel Depok
RM Betawi Ngoempoel Depok
Menu yang ditawarkan : ikan mas pecak, ikan mas pepes, ikan mas goreng, ikan gabus kering, ikan gabus pucung, pepes peda, ayam kampung goreng, sayur asam, sayur goreng asam, semur jengkol, pecak ayam kampung, sop iga dan lain-lain. Lho kok tidak ada Soto Betawi? Itulah yang menjadi pertanyaan, karena Depoknetizen pernah menanyakan menu ini tapi jawabannya katanya sedang tidak ada.

Asiknya lagi, rumah makan ini satu lokasi dengan tempat pencucian mobil (mungkin satu pemilik atau keluarga), jadi kalau kita ke sini pada siang hari untuk makan dan membawa kendaraan roda empat alias mobil bisa sekalian mencuci mobil kita. Tapi tidak gratis ya cuci mobilnya. Di sini Anda juga dapat menemui atau membeli makanan dan minuman khas Betawi seperti Bir Pletok, kue biji ketapang, kue rangi dan lain-lain.



Rumah Makan Segar Daun
Alamat Jl. H. Asmawi No.04, Kel. Beji
Telepon 021-7750161

Rumah makan yang menyajikan masakan khas Betawi ini lokasinya persis di depan SPBU Pertamina Beji. Dari segi ukuran tempat atau kapasitas, rumah makan Segar Daun tidak terlalu besar. Hanya dapat menampung paling banyak sekitar 25 orang saja dalam satu ruangan ber-AC. 


Ornamen bangunan rumah makan ini tidak terlalu kental nuansa Betawi-nya karena hanya bagian depan saja yang sedikit terasa nuansa budaya Betawi-nya. Namun menu yang disajikan adalah khas masakan Betawi mulai dari ayam kampung, sayur asam, sop daging, sop iga, soto Betawi, soto daging, semur daging, empal, ikan gurame, ikan mas, dll. Soal harga di rumah makan Segar Daun relatif cukup terjangkau.


RM Mpok Eli
Alamat : Jl. Raya Citayam No.8, Depok
Telepon 021-77214747



RM Betawi Mpok Eli Depok
RM Betawi Mpok Eli Depok
Menu yang ditawarkan di RM Mpok Eli antara lain : Soto Betawi, Gabus Pucung, Pecak Ikan Mas, Oblang Peda, Laksa Betawi, Jengkol Balado, Semur Jengkol, Gurame Bakar, Asinan Mester, Bir Pletok dan Bajigur.


Di sini selain tempat makan khas Betawi, Anda juga dapat menemui oleh-oleh khas Betawi dan pakaian khas Betawi seperti Kue Ketapang, Kue Akar Kelapa, Kue Kembang Goyang, Baju Pangsi, Sadariyah.


Warung Betawi Bang Be'eng
Jl. Kp Kandang Duren Seribu
Kel. Duren Seribu, Kec. Bojongsari
Telpon 0813-16923897


Warung Betawi Bang Be'eng Depok
Warung Betawi Bang Be'eng Depok
Warung makan khas Betawi ini lokasinya bisa dibilang jauh dari jalan besar atau jalan utama. Admin DepokNetizen yakin tidak semua warga Depok tahu lokasi dan keberadaan rumah makan ini. Admin pun mencoba menyambangi Warung Bang Be'eng pada hari Minggu, 19 Agustus 2018. Bagi Admin tidak terlalu sulit menuju ke sini. Bagi yang belum tahu lokasinya, bila mencari melalui googlemap kata kuncinya adalah Bang Be'eng Street Food. 

Untuk menuju ke sini, dari Jalan Raya Muchtar - Sawangan kemudian menuju Jalan Raya Pengasinan. Dari Jalan Raya Pengasinan, Anda bisa bertanya pada warga arah menuju Jalan Baru atau Jalan Kasiba Lasiba. Setelah menemui Jalan Baru atau Jalan Kasiba Lasiba, telusuri terus hingga bertemu pertigaan. Nah, Warung Bang Be'eng ada di ujung seberang pertigaan jalan tersebut.

Menu makanan yang tersedia di sini mungkin tidak atau jarang Anda temui yaitu Oseng Jantung Pisang dan Oseng Kulit Melinjo. Selain itu juga ada Oseng Daun Pepaya, Pecak Ikan Gurame, Pecak Ikan Mujair dan Pecak Ikan Mas. Tidak hanya pecak ikan, ada juga pepes ikan, dari pepes ikan teri hingga Kkan Mas. Tidak ketinggalan menu legendaris masakan Betawi, Semur Jengkol. Mau yang segar, tersedia Sop Iga Sapi dan Sayur Asam. Lalapan juga tersedia seperti lalap pete, daun kemangi, daun salada dll.
Menu di Warung Betawi Bang Be'eng
Ketika admin tiba di rumah makan ini pukul 10:30 WIB, menu yang diincar sudah habis yaitu semur jengkol. So, kalau Anda ingin mendapatkan menu yang masih lengkap maka datanglah lebih pagi terutama ketika pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu karena informasi yang admin dapat bahwa sekitar jam 1 siang sering sudah habis makanannya.


Warung Gabus Pucung Betawi Depok
Perumahan Mampang Indah I
Jl. Mampang Indah I, 
Kel. Grogol, Kec. Limo

Telpon 021-77219090

Dari namanya, jelas bahwa menu andalan utama rumah makan ini adalah Gabus Pucung. Selain itu, masih banyak menu lain yang tersedia yaitu Nasi Kukus Kayu Bakar, Semur dan Balado Jengkol, Pecak Ikan Gurame, Sayur Asam, Sop Iga Sapi, Karedok, Nasi Goreng, Ayam Goreng, Soto Betawi dan masih banyak lagi. Untuk minuman tersedia Bir Pletok, Es Kelapa Muda dll.

Walaupun bernama "Warung", namun sejatinya tempat makan ini bisa dikatakan sebagai restoran karena pilihan menu yang beragam serta tempat yang luas dan bukan seperti warung layaknya.


Warung Dapur Betawi Cabe 5
Jl. Raya Bojongsari (Ciputat Parung)
Bojongsari Baru, Depok
Telpon 021-98343785
Dapur Betawi Cabe 5, Depok
Dapur Betawi Cabe 5, Depok
Warung Dapur Betawi Cabe 5
Jl. Karang Tengah Raya
(depan Gerbang Perumahan Vila Cinere)

Cinere, Depok.
Telpon 021-41314109

Resto yang selain menyajikan masakan Betawi ini, bangunan restonya pun punya gaya dan tampilan bergaya rumah Betawi. Resto yang berawal dibuka di daerah Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan ini mempunyai menu unggulan yaitu Pecak Gurame, Gabus Pucung, Semur Jengkol dan Sayur Besan. Menu masakan yang jarang ditemui dan hanya dapat ditemui di warung atau rumah makan Betawi saja.

0 Komentar Untuk "Rumah Makan Khas Betawi di Depok"

Posting Komentar