IBX5980432E7F390 KODIM dan KORAMIL di Kota Depok - Depok Netizen

KODIM dan KORAMIL di Kota Depok


Depok netizen - Pernah atau sering mendengar kata "korem", "kodim", "koramil" dan "Babinsa"?. Ya, mereka merupakan bagian dari struktur komando teritorial (koter) dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya TNI Angkatan Darat (TNI-AD).
Kodim dan Koramil di Kota Depok
Kodim dan Koramil di Kota Depok
Berikut urutan struktur teritorial tersebut:
  1. Kodam (Komando Daerah Militer) 
  2. Korem (Komando Resor Militer) 
  3. Kodim (Komando Daerah Militer) 
  4. Koramil (Komando Rayon Militer) 
  5. Babinsa (Bintara Pembina Desa)
1. Kodam

Hingga artikel ini dimuat (15 Mei 2020), Indonesia memiliki 15 Kodam atau komando kewilayahan. Satu Kodam mengkomandoi satu atau lebih wilayah provinsi baik provinsi penuh maupun sebagian provinsi. Misal Kodam Iskandar Muda yang mengkomandoi provinsi Nangro Aceh Darussalam (NAD), kemudian Kodam Diponegoro yang mengkomandoi provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, lalu Kodam Jaya yang mengkomandoi Provinsi DKI, sebagian Jawa Barat dan Banten (Depok, Bekasi, Kabupaten Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang).

Pimpinan Kodam disebut Pangdam (Panglima Daerah Militer) dengan pangkat Mayjen (Mayor Jendral) alias jendral bintang dua.

2. Korem

Satu tingkat di bawah Kodam yaitu Korem. Jumlah Korem tergantung dari cakupan wilayah Kodam, namun dalam setiap Kodam minimal ada dua Korem. Misal Kodam Bukit Barisan yang mengkomandoi lima Korem di bawahnya. Kodam Jaya hanya mengkomandoi dua Korem dan satu Kodim BS.

Pimpinan Korem disebut Danrem (Komandan Resor Militer) dengan pangkat Brigjen (Brigadir Jendral) alias jendral bintang satu untuk Korem tipe A dan pangkat Kolonel untuk Korem tipe B.

3. Kodim

Dibawah koordinasi Korem terdapat Kodim. Umumnya satu kota atau satu kabupaten terdapat satu Kodim. 

Pimpinan Kodim disebut Dandim (Komandan Distrik Militer) dengan pangkat Letkol (Letnan Kolonel) atau Kolonel untuk Kodim tipe A.

4. Koramil

Cakupan wilayah Koramil yaitu satu kecamatan atau lebih. Pimpinan Koramil disebut dengan Danramil (Komandan Rayon Militer) dengan pangkat Mayor atau Kapten.

5. Babinsa

Inilah satuan teritorial TNI-AD yang paling bawah yang berinteraksi langsung dengan masyarakat. Seorang Babinsa mempunyai cakupan wilayah operasi yang bervariasi, bisa hanya satu desa atau beberapa desa. 

Komando Teritorial di Kota Depok

Di Depok terdapat satu Kodim yaitu Kodim 0508 yang berada di bawah langsung Korem 051/Wijayakarta yang berinduk ke Kodam Jaya/Jayakarta. Korem 051/Wijayakarta sendiri mencakup wilayah operasi Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kota dan Kabupaten Bekasi serta Kota Depok. Markas Komando (Mako) Korem 051 berada di Cikarang Selatan

Mako Korem 051/Wijayakarta
Jl. Niaga Raya No.1 Pasirsari
Cikarang Selatan, Bekasi

Kodim 0508/Depok bermarkas di :

Mako Kodim 0508/Depok
Jl. Pramuka No.2
Kel. Mampang, Kec. Pancoran Mas
Kodim 0508/Depok
Kodim 0508/Depok


Jumlah Koramil di Kota Depok ada 6 (enam) Koramil. Berikut daftar Mako Koramil di Kota Depok:

1. Koramil 01/Pancoran Mas
    Jl. Raya Citayam / Kartini Raya No. 04
    Kel. Depok, Kec. Pancoran Mas.

2. Koramil 02/Beji
    Jl. Depok Indah 2 No.2B
    Kel. Beji, Kec. Beji

3. Koramil 03/Sukmajaya
    Jl. Merdeka No.2
    Kel. Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya

4. Koramil 05/Sawangan
    Jl. Raya Muchtar No.91
    Kel. Sawangan Lama, Kec. Sawangan

5. Koramil 06/Cimanggis
    Jl. Raya Bogor No.14
    Kel. Curug, Kec. Cimanggis

6. Koramil 07/Limo
    Jl. Raya Limo No.22
    Kel. Limo, Kec. Limo

Mungkin ada yang bertanya-tanya, dari Koramil 03 langsung ke Koramil 05? Koramil 04 mana?

Koramil 04 secara administrasi wilayah berada di Bojong Gede, Kabupaten Bogor, bukan bagian wilayah Kota Depok. Jika dilihat dari posisi geografis, maka Koramil04/Bojong Gede yang ada di wilayah Kabupaten Bogor tersebut seharusnya menjadi bagian dari teritorial Kodam III-Siliwangi. Namun Koramil 04/Bojong Gede faktanya berada di bawah koordinasi (komando teritorial) Kodim 0508/Depok bersama enam koramil tersebut di atas. Dengan demikian Kodim 0508/Depok membawahi 7 (tujuh) Koramil.

Hal tersebut sama dengan Polsek Bojong Gede yang berada di bawah koordinasi Polresta Depok yang artinya Polsek Bojong Gede termasuk ke dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya, bukan Polda Jawa Barat.

Jumlah kecamatan di Kota Depok ada 11 kecamatan, sementara jumlah koramil hanya ada 6 koramil. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa rata-rata satu koramil mempunyai wilayah operasi masing-masing dua kecamatan.

0 Komentar Untuk "KODIM dan KORAMIL di Kota Depok"

Posting Komentar