IBX5980432E7F390 Jelajah Kuliner di Depok - Soto Betawi Kebon Duren - Depok Netizen

Jelajah Kuliner di Depok - Soto Betawi Kebon Duren


Depok Netizen - Banyak sekali kuliner atau makanan Indonesia yang bernama "Soto" yang sudah dikenal sebagian besar masyarakat di Indonesia. Ada Soto Lamongan, Soto Boyolali, Soto Kudus, Soto Bangkong Semarang, Soto Betawi, Soto Padang, Soto Medan, Soto Mie Bogor dan masih banyak lagi. Soto dari berbagai daerah tersebut ada yang berupa soto ayam, soto daging, soto kikil hingga jeroan. 
Kali ini depoknetizen mau kasih sedikit ulasan mengenai soto betawi. Aslinya, soto betawi itu bukan soto yang hanya berisi daging saja tapi di dalamnya terdapat jeroan seperti babad, kikil atau paru. Namun karena ada orang yang tidak suka dengan jeroan, maka sering memesan soto Betawi tanpa jeroan alias daging saja. Jadi, antara soto daging dengan soto Betawi itu beda. Soto daging belum tentu soto Betawi, walaupun soto daging tersebut berkuah santan (ada soto daging yang berkuah bening seperti sop).
Jelajah Kuliner di Depok - Soto Betawi Kebon Duren
Soto Betawi
Salah satu tempat makan soto Betawi yang kami sambangi adalah Soto Betawi Kebon Duren di daerah Kalimulya, Cilodong. Lokasi rumah makan ini tepatnya berada di pinggir Jalan Raya Kalimulya No.69, tidak jauh dari RS Citra Medika.
Soto Betawi Kebon Duren, Cilodong, Depok
Soto Betawi Kebon Duren, Cilodong, Depok
Soal parkir kendaraan baik motor maupun mobil cukup luas dan aman karena ada yang jaga parkir. Untuk tempat bersantap ada dua pilihan yaitu duduk di kursi dengan meja seperti biasa atau lesehan di atas rumah panggung. Secara umum tempatnya teduh karena banyak pohon-pohon besar dan rindang serta di belakang panggung-panggung ada kebun.
Lesehan model panggung
Menu Makanan :
  • Soto Betawi
  • Selain soto Betawi, disini juga ada namanya Soto Tangkar. Jika Soto Betawi orang sudah tahu asalnya dari mana, tapi tidak semua orang tahu asalnya soto Tangkar. Kedua soto tersebut sama-sama berasal dari Betawi atau Jakarta. Tampilannya pun mirip, namun sebenarnya kedua soto tersebut berbeda. Soto tangkar ada daging, tetelan dan tulangan, warna kuahnya agak kemerahan dan disajikan tanpa emping. Sedangkan Soto Betawi ada daging dan atau jeroan, warna kuahnya lebih putih dan kekuningan dan disajikan dengan emping.
  • Soto Daging kuah bening
  • Sop Iga
  • Soto Ayam
  • Ayam Goreng
  • Ayam Bakar
  • Sayur Asem
Baca juga : Jelajah Soto Mie Bogor di Depok
Harga menu makanan dan minuman di tempat ini menurut kami terhitung tidak mahal. Soal cita rasa, kami mampir ke tempat ini dua kali. Pertama datang hari Sabtu sekitar jam 3 sore, nggak kebagian yang namanya soto Betawi. Akhirnya pesan Soto Daging, ayam Goreng, sayur asem dan minum biasa es teh manis. Kuah Soto dagingnya terasa segar dan dagingnya juga lumayan banyak. Enak lah pokoknya, tapi untuk ayam goreng rasanya biasa saja seperti ayam goreng kebanyakan.
Jelajah Kuliner di Depok - Soto Betawi Kebon Duren
Soto Daging, Ayam Goreng dan Sayur Asem
Penasaran dengan soto betawinya, hari Sabtu berikutnya datang mampir ke sini lagi tapi lebih pagian yaitu sekitar jam 11 siang. Masih kedapatan Soto Betawi, akhirnya pesan soto betawi dan soto daging. Rasa soto betawinya mantab. Pantesan jadi menu favorit di sini.

Jadi yang mau mampir ke sini dan ingin nyobain soto Betawi, datangnya jangan siang-siang atau kesorean. Nggak bakal kebagian, apalagi hari Sabtu dan Minggu.

0 Komentar Untuk "Jelajah Kuliner di Depok - Soto Betawi Kebon Duren"

Posting Komentar