IBX5980432E7F390 Dimana Alun-alun Kota Depok? - Depok Netizen

Dimana Alun-alun Kota Depok?


depok netizen - Menurut wikipedia, "Alun-alun" merupakan suatu lapangan terbuka yang luas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan untuk kegiatan masyarakat yang beragam. Masih menurut wikipedia, pada awalnya alun-alun merupakan tempat berlatih perang bagi prajurit kerajaan, tempat menyelenggarakan sayembara dan penyampaian sabda (titah) raja kepada rakyatnya (kawula). Dalam sejarahnya, perkembangan dan penggunaan alun-alun tergantung dari budaya masyarakat, pemerintahan, kepercayaan, perekonomian dan lain-lain.
Hampir dapat dipastikan, kota-kota di seluruh Indonesia baik kota besar maupun kota kecil mempunyai alun-alun. Hanya Jakarta yang tidak punya nama alun-alun, namun Jakarta memiliki tempat yang bisa dikatakan sebagai sebuah alun alun yaitu Kawasan Monas. Kota-kota di sekitar Jakarta seperti Bekasi, Tangerang, Karawang masing-masing sudah mempunyai alun-alun kota. Lalu dimana alun-alun Kota Depok?

Harus diakui bahwa selama ini Kota Depok belum mempunyai alun-alun. Mungkin ada beberapa tempat atau kawasan yang dapat dijadikan sebagai alun-alun namun dari segi kelayakan dan konsep pengembangan tidak memungkinkan. Artinya, konsep Alun-alun sekarang ini adalah Alun-alun yang bukan sekedar sebuah lapangan yang luas dan berumput serta dikelilingi jalan saja namun alun-alun memiliki berbagai fasilitas dan sarana pendukung untuk aktivitas warga di dalam alun-alun, seperti rekreasi dan olahraga. Apalagi Gubernur Jawa Barat kini memberi perhatian pada alun-alun kota dimana seluruh alun-alun kota yang berada di wilayah Jawa Barat akan distandarisasi mengikuti Alun-alun Kota Bandung.

Alun Alun Bandung, menjadi acuan standar alun-alun di wilayah Jawa Barat
Ada khabar gembira bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah membangun di suatu kawasan yang akan dijadikan sebagai Alun-Alun Kota Depok. Menempati lahan seluas 3 (tiga) hektare di kawasan Grand Depok City dan masuk dalam wilayah administrasi Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong. Pembangunan Alun-alun Kota Depok ditargetkan selesai akhir bulan Januari 2019 ini. 

Di dalam Alun-alun Kota Depok tersebut telah dibangun sejumlah fasilitas olahraga seperti lapangan basket yang dilengkapi dengan sebuah tribun. Kemudian terdapat pula arena untuk bermain skate-board, arena bermain sepeda BMX, wall climbing. Demi kenyamanan dan keamanan, Alun-alun Kota Depok ini diawasi kamera CCTV full 24 jam sebanyak 40 titik. Penggunaan Alun-alun menunggu dibuka secara resmi.

Namun ada yang disayangkan dengan pembangunan Alun-alun Kota Depok ini, yaitu lokasinya yang belum dilalui kendaraan umum seperti angkutan kota (angkot). Kendaraan umum yang dapat menuju ke Alun-alun hanya taxi dan ojek online. Tapi tak apalah, setidaknya warga Depok sudah mempunyai sebuah Alun-alun kota yang cukup megah dan warga sudah tidak sabar untuk dapat menikmati alun-alun.

Terima kasih Pemkot Depok.

0 Komentar Untuk "Dimana Alun-alun Kota Depok?"

Posting Komentar