IBX5980432E7F390 Perbaikan Total Jembatan Pitara Depok - Depok Netizen

Perbaikan Total Jembatan Pitara Depok


Depok netizen - Pada pagi hari Kamis, 25 Oktober 2018 Jembatan Pitara atau masyarakat sekitar menyebutnya Jembatan Sengon di wilayah Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas mulai direnovasi atau diperbaiki secara total. Berdasarkan pengumuman berupa spanduk yang dipasang di beberapa tempat dan titik tertentu, renovasi total pada jembatan tersebut direncanakan akan selesai pada 24 Desember 2018 atau memakan waktu penyelesaian selama dua bulan. 
Perbaikan Total Jembatan Pitara Depok
Jembatan Pitara yang sudah mulai dibongkar untuk renovasi total

Jembatan yang berada di Jalan Raya Pitara dan terletak dekat dengan Masjid Ubuddiyah serta tempat pemancingan Seroja tersebut pernah amblas dan diperbaiki sebagian. Perbaikan tersebut memakan waktu kurang lebih satu bulan yaitu dari awal Mei 2017 hingga akhir Mei 2018. Setelah perbaikan hingga sebelum dibongkar total, jembatan ini pernah mengalami longsor pada salah satu sisinya. Aspal pada jembatan juga sudah terdapat beberapa lubang akibat sering tergenang air jika hujan dan itu terlihat dari beberapa tambalan semen yang dilakukan atas inisiatif masyarakat setempat.
Jembatan Pitara/Sengon sebelum dibongkar
Jalur jalan raya Pitara termasuk jalur padat yang dilalui banyak kendaraan bermotor baik roda dua mau pun roda empat. Jalan Pitara merupakan jalur alternatif bagi warga Kelurahan Pancoran Mas, Cipayung dan sekitarnya untuk menuju Tanah Baru, Stasiun Depok Lama (pintu belakang) atau Jalan Dewi Sartika dan Jalan Margonda. Jalur ini juga dilalui satu-satunya angkutan umum D07 jurusan Terminal Margonda/Stasiun Depok Baru - Jembatan Serong/Cipayung. 

Dampak dari renovasi total jembatan Pitara ini :
  • Bagi pengguna angkutan umum (angkot) D07 dari maupun ke arah terminal/Stasiun Depok Baru maka akan transit sebelum di jembatan tersebut dan disambung dengan angkutan D07 lain yang sudah tersedia. Akses bagi pejalan kaki telah disediakan melalui area pemancingan Seroja hingga di samping Masjid Ubuddiyah.
  • Kendaraan pribadi atau kendaraan roda empat lainnya melalui jalan Pitara menuju sekolah PSKD, Stasiun Depok Lama, kawasan Jalan Dewi Sartika, Margonda harus memutar melalui Jalan Raya Kali Licin - Jalan Raya Sawangan.
  • Motor dan kendaraan roda dua lainnya dapat melalui jalan-jalan perkampungan di sekitar jembatan. Tapi pengendara harus sabar, karena jalan-jalan di perkampungan tersebut rata-rata berupa gang kecil yang hanya dapat dilalui satu motor sehingga harus bergantian.

Efek lain dari adanya renovasi total jembatan Pitara tersebut adalah Jalan Raya Sawangan yang sudah padat dan kerap kali macet terutama pada jam sibuk seperti jam berangkat dan pulang sekolah atau kerja akan semakin bertambah parah terlebih pada hari Sabtu dan hari Libur. Pada Kamis 25 Oktober 2018 sore harinya saja sudah terasa dampak dari perbaikan jembatan tersebut. 
Jalan Raya Sawangan Simpang Mampang Depok
Belum lagi bila menengok pada tahun 2017 lalu saat renovasi sebagian jembatan Pitara tersebut juga berimbas pada kepadatan dan kemacetan di ruas jalan Raya Sawangan. Padahal jalur Jalan Pitara Raya (melalui jembatan ini) - Jalan Wadas Raya - Jalan Raya Kali Licin, sering dijadikan jalur alternatif bagi pengendara baik roda dua maupun roda empat ketika jalur jalan Raya Sawangan sangat padat dan macet.

Nah, jadi selama kurang lebih dua bulan ke depan maka akan banyak kepadatan lalu lintas dan bahkan kemacetan di ruas jalur jalan raya Sawangan. Bagi masyarakat di luar Depok yang akan menuju ke tempat-tempat seperti Masjid Kubah Emas, D'Kandang Farm dll agar mencari jalan lain seperti melalui jalan kawasan Cinere atau Jalan Raya Ciputat-Parung. Lebih jauh, tapi setidaknya tidak macet di tempat.

Update

  • mulai tanggal 25 Desember 2018, jembatan ini sudah dapat digunakan namun hanya untuk kendaraan roda dua (sepeda motor). Untuk kendaraan roda empat (mobil) baru dapat melalui jembatan ini per tanggal 01 Januari 2019.
  • Mulai tanggal 01 Januari 2019, jembatan Pitara ini sudah dapat dilalui oleh semua jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat.
Jembatan Pitara Baru
Jembatan Pitara Baru


Demikian infonya semoga bermanfaat

0 Komentar Untuk "Perbaikan Total Jembatan Pitara Depok"

Posting Komentar