IBX5980432E7F390 Depok Friendly City - Depok Netizen

Depok Friendly City


Depok netizen - Jika Anda perhatikan banner, famplet, spanduk dan lain-lain yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Depok beserta instansinya, maka Anda akan melihat satu logo dengan tagline "Depok Friendly City" yang artinya Depok Kota Bersahabat.
Depok Friendly City
Depok Friendly City
Ya, Logo dan tagline "Depok Friendly City" secara resmi diperkenalkan oleh Pemerintah Kota Depok pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 yaitu pada 17 Agustus 2017. "Depok Friendly City" merupakan program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang mempresentasikan cita-cita dari Pemkot Depok untuk mewujudkan Kota Depok sebagai kota yang bersahabat, memberikan manfaat dengan pelayanan yang bersahabat kepada semua unsur yang ada di kota Depok.

Pada dasarnya, apa pun itu terlebih pada sebuah kota membutuhkan sebuah identitas dan Kota Depok mempunyai banyak potensi yang dapat menjadi pilar penentuan Branding Kota Depok. KH. Dr. Mohammad Idris, M.A. (Walikota Depok periode 2016-2021) mengatakan "Kami ingin membangun Depok sebagai kota nan ramah dan bersahabat dengan capaian Indeks Prestasi" dan melanjutkan dengan kalimat "Kota ini perlu identitas, identitas adalah substansi, karakter. Apa karakter Kota Depok yang kita bangun, ini yang perlu kita pikirkan sebagai City Branding Kota Depok"

Logo Depok Friendly City memvisualisasikan tiga konsep yang dijadikan sebagai brand building development dari Kota Depok, yaitu : bersahabat, berbagi dan bersinergi. Bentuk abstrak splash shape mempresentasikan pertumbuhan (growth), semangat (passion), pergerakan (movement), kualitas hidup (quality of life) dan aktivitas budaya (cultural activity).

Bentuk logo tersebut secara abstrak juga memvisualisasikan seperti bentuk dua tangan terbuka yang memberikan makna peran Kota Depok yang harus merangkul seluruh aspek di dalamnya untuk bersinergi dan berbagi peran dalam membangun Kota Depok. Visualisai lainnya yaitu logo tersebut memperlihatkan seperti huruf "D" yang dapat diartikan sebagai inisial dari Kota Depok.

Makna kata "Bersahabat" mencakup seluruh bidang. Depok sahabat masyarakat dalam memberikan pelayanan, Depok sahabat lansia dengan mendengar keluhan para lansia, Depok sahabat UKM dengan memberdayakan produk asli Kota Depok, Depok sahabat lingkungan, Depok sahabat sesama mewujudkan masyarakat dan aparatur yang sholeh dan kuat, Depok sahabat anak dan remaja mendukung tumbuh kembang anak dan lain-lain.

Contoh perwujudan dari "sahabat" adalah Pemkot menyediakan ruang menyusui dan mewajibkan setiap tempat pusat perbelanjaan seperti mall menyediakan ruang khusus untuk ibu menyusui, kemudian menyediakan taman di tengah kota selain sebagai bentuk penyediaan Ruang Terbuka Hijau juga sebagai penerapan Sahabat Lingkungan.

Yuk kita dukung Pemkot Depok dalam mewujudkan Depok Friendly City.

0 Komentar Untuk "Depok Friendly City"

Posting Komentar