IBX5980432E7F390 Transportasi Umum di Depok - Depok Netizen

Transportasi Umum di Depok


Depok netizen - Transportasi umum yang ada di kota Depok dan yang menghubungkan Depok dengan kota-kota lain yaitu kendaraan umum roda empat, roda dua serta kereta listrik (KRL) Commuter Line. Kendaraan umum roda empat, baik berupa angkutan kota (angkot), angkutan travel atau shuttle maupun Bus bahkan Busway sudah tersedia walaupun Depok belum mempunyai jalur khusus busway.

BUS dan BUSWAY / Feeder

Untuk Busway yang tersedia baru melayani dua jurusan :
  1. Busway dengan ukuran Bus besar ini adalah jurusan terminal Depok yang terletak di Jalan Margonda ke Cawang, Jakarta Timur. Rutenya adalah Terminal Depok - Jalan Margonda - Jalan Juanda - Tol Cijago - Tol Jagorawi - Cawang.
  2. Busway satunya dengan ukuran Bus 3/4 melayani trayek UI - Manggarai. Rutenya adalah Shelter / Halte gerbang utama UI (Universitas Indonesia) - Jl. Raya Lenteng Agung Pasar Minggu - Pancoran - Manggarai.
Sementara untuk Bus Umum lainnya, ada beberapa Bus yang melayani trayek luar kota seperti trayek ke kota Bandung yang berangkat dari Terminal Margonda Depok. Untuk Bus-bus luar kota lainnya antar provinsi, di Jalan Margonda dekat gedung Walikota Depok juga terdapat agen bus namun lebih banyak agen-agen bus yang umumnya berada di simpang Depok, Jl. Raya Bogor. Hampir semua jurusan ke kota dan provinsi lain tersedia.

Angkutan BUS ke Bandara Soekarno Hatta, juga tersedia melalui Terminal Margonda Depok, yang dilayani oleh salah satu perusahaan penyewaan bus ternama.

Angkot

Selain angkutan kota (angkot) yang melayani rute di Depok, terdapat pula angkot yang melayani trayek ke luar kota Depok antara lain :
  • Angkot jurusan TMII - Kampung Rambutan - Terminal Margonda Depok
  • Angkot jurusan Pasar Minggu - Terminal Margonda Depok
  • Angkot jurusan Shelter UI (Universitas Indonesia) - Jagakarsa (Jakarta Selatan)
  • Angkot jurusan Citayam - Bogor
  • Angkot jurusan Sawangan - Bojongsari - Ciputat  

Kereta Commuter Line

Angkutan umum yang bersifat massal ini adalah angkutan paling favorit dan menjadi andalan sehari-hari masyarakat Depok yang sebagian besar bekerja maupun kuliah di Jakarta, Bekasi atau Bogor. Stasiun yang dilintasi Commuter Line dan stasiun tersebut berada di wilayah administratif Kotamadya Depok yaitu Stasiun Universitas Indonesia (UI), Stasiun Pondok Cina (Stasiun Pocin), Stasiun Depok Baru, Stasiun Depok (orang sering menyebutnya sebagai Stasiun Depok Lama) dan Stasiun Citayam.
KRL Commuter Line
KRL Commuter Line, transportasi favorit warga Depok
TAXI
Dulu ada beberapa taxi dari perusahaan taxi lokal di Depok yang beroperasi, namun kini taxi-taxi tersebut entah kenapa banyak yang hilang dari peredaran dan tidak beroperasi lagi. Tetapi perusahaan taxi besar dan ternama mempunyai beberapa pool di Depok dan dipinggiran kota Jakarta sehingga banyak taxi yang juga beroperasi di Depok.

Transportasi ke Bandara
Transportasi ke 2 Bandara yaitu ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdana Kusuma tersedia di 2 titik keberangkatan :

  • Terminal Margonda, yang dilayani oleh Bus Besar HIBA
  • Depok Mall, yang dilayani oleh Minibus (seperti Elf) dari DAMRI


Transportasi Online dan Travel / Shuttle
Transportasi berbasis online, seperti ojek online dan taksi online juga sudah beroperasi di wilayah Depok. Selain itu, transportasi seperti Travel atau Shuttle dengan tujuan seperti kota Bandung juga ada di Depok. 

Beberapa minibus travel/shuttle di beberapa lokasi / tempat di Depok yaitu :

Baraya Travel
Jl. Raya Cinere No.31, Cinere. Telpon 021-7244999

Xtrans
Jl. Alternatif Cibubur, Ruko Blok D5, Harjamukti, Cimanggis
Telpon 021-84303911

Lintas Shuttle (pengganti Sararea Shuttle dan Cipaganti)
Depok Town Square, Jl. Margonda Raya. Telpon 0855 1500 646

My Trans
Resto Mang Kabayan, Jl. Margonda Raya No.488. Telpon 0811 2224508


Demikian semoga bermanfaat.

0 Komentar Untuk "Transportasi Umum di Depok"

Posting Komentar