IBX5980432E7F390 Pusat Perbelanjaan Mall dan Plaza di Depok - Depok Netizen

Pusat Perbelanjaan Mall dan Plaza di Depok

Depoknetizen - Di Kotamadya Depok, tidak kurang dari 10 pusat perbelanjaan (Mall, Plaza dan Supermarket). Lima diantaranya berada di jalan utama kota Depok yaitu Jalan Raya Margonda, lainnya berada di Jalan Raya Sawangan, di Cinere dan di Jalan Raya Bogor.
Mall dan Plaza di Depok
Berikut ini daftar pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Margonda, Depok :

1.  Plaza Depok
Merupakan pusat perbelanjaan pertama yang berdiri pada tahun 1996 di kota Depok (dengan catatan Cinere belum termasuk wilayah administratif kota Depok). Terletak persis di depan seberang Terminal Bus Margonda. Plaza ini lebih dikenal sebagai Plaza Ramayana Depok, karena pusat perbelanjaan ini lebih didominasi oleh perusahaan retail pakaian tersebut. Outlet fastfood restaurant alias restoran makanan cepat saji dan bioskop XXI juga ada disini.


Depok Mall alias D'mal
2.  Depok Mall (D'mall)
Merupakan pusat perbelanjaan kedua yang berdiri di Kota Depok setelah Plaza Depok.  Terletak di Jalan Margonda Raya di sisi kiri arah ke Jakarta, dengan bangunan memiliki jumlah 5 lantai dan 1 basement. Depok Mall yang kini bernama D'mall ini sempat mengalami penurunan jumlah pengunjung yang cukup signifikan akibat beberapa hal seperti :
  • Kehadiran mall baru yang juga berada di Jalan Margonda, yaitu Margo City dan ITC Depok
  • Lokasi Depok Mall yang dapat dikatakan "tanggung" posisinya.
Sekarang ini, di belakang Depok Mall terdapat apartment serta sebuah gedung hotel berbintang yang cukup ternama.
Di depan atau tepatnya di seberang jalan Depok Mall, juga terdapat sebuah hotel baru serta supermarket furniture dan retail alat perkakas terkenal.
Dahulunya, lokasi dari supermarket funiture tersebut bekas dari sebuah supermarket ternama "Hero" *) yang tutup karena kalah bersaing dan ditinggalkan banyak pelanggan dan juga pernah menjadi outlet fastfood ternama yang kemudian relokasi alias pindah tempat ke dalam D'mall. Sedangkan lokasi yang sekarang ditempati oleh retailer alat dan perkakas ternama merupakan tempat atau lokasi bekas sebuah department store (supermarket pakaian) lokal dan toko buku yang juga tutup karena kalah bersaing sehingga sepi pengunjung.

*) Supermarket "Hero" merupakan supermarket skala Nasional yang pertama hadir di Depok, dimana kehadirannya kala itu membuat supermarket lokal yang pertama ada di kota Depok yaitu Ramanda tutup. Lokasi bekas Ramanda kini menjadi tempat pusat penjualan spare part atau onderdil mobil yang berada dekat pertigaan lampu merah Jl. Margonda dekat Terminal Margonda. 

Kini D'mall selain sebagai salah satu pusat perbelanjaan, juga telah hadir sebuah bioskop sehingga menambah pilihan bagi pengunjung.
Lokasi yang dahulu dianggap "tanggung", kini tidak menjadi masalah karena pengunjung yang tidak memiliki alat transportasi sendiri namun enggan menggunakan transportasi umum seperti angkot dapat menggunakan transportasi online seperti ojek online dan taxi online untuk menuju D'mall.


Margocity
3.  Margocity
Hingga saat ini, Margocity merupakan pusat perbelanjaan termewah diantara pusat pusat perbelanjaan lain di Depok terutama di sepanjang Jalan Margonda. Terletak di Jalan Margonda dan menempati lahan yang di dalamnya terdapat sebuah bangunan bersejarah yang dikenal sebagai rumah persinggahan Pitung (pahlawan Betawi yang melawan penjajah Belanda). Kini sisa bangunan bersejarah tersebut masih ada di sisi sebelah kiri mall margocity. 
Selain sebagai pusat perbelanjaan dan kuliner dengan tenant-tenant ternama, terdapat pula Bioskop di mall ini.
Margocity juga berhadapan langsung dengan pusat perbelanjaan lain yaitu Depok Town Square yang berada di seberang Jalan Margonda.
Di depan Margocity juga berdiri sebuah hotel bernama Margo Hotel yang baru dibuka pada akhir tahun 2016.
Detos (Depok Town Square)
4.  Depok Town Square.
Pusat perbelanjaan yang satu ini dikenal dengan nama singkatan "Detos". Pusat perbelanjaan yang dibuka bersamaan dengan pembukaan Margocity ini, di belakangnya terdapat bangunan apartment. Di Detos pun selain sebagai pusat perbelanjaan, juga terdapat bioskop.
ITC Depok
5.  ITC Depok
Pusat perbelanjaan yang terakhir berdiri di sepanjang Jalan Margonda (sampai akhir 2017) ini berlokasi persis di samping Terminal Margonda yang berarti berhadapan pula dengan pusat perbelanjaan Plaza Depok. Hanya di ITC Depok yang tidak terdapat bioskop dibanding pusat perbelanjaan lain di sepanjang Jalan Margonda. Di mall ini terdapat pusat penjualan dan service handphone terbesar di Depok yang sebelumnya menempati Depok Mall (D'mall) sebelum adanya ITC.

Tidak jauh dari ITC juga ada dua supermarket busana. Satu persis di sebelah ITC dan satunya persis di sebelah terminal Margonda (Metro Stater).

Pusat perbelanjaan dan supermarket lain (di luar jalan raya Margonda) yang pernah ada dan masih exist berdiri di Kota Depok antara lain yaitu :

1.  Cinere Mall
Mall yang berlokasi di Cinere ini bediri sejak tahun 1993, tahun dimana Depok masih sebagai kota administratif yang masih menjadi bagian dari kabupaten Bogor dan Cinere bekum masuk menjadi bagian dari wilayah Depok. Mall ini merupakan pusat perbelanjaan pertama di Cinere. Di mall ini diisi tenant ternama dan juga sebuah Bioskop 21.

2.  Cimanggis Mall
Mall yang lokasinya berada di Jalan Raya Bogor - Jakarta km 30 ini mulai beroperasi pada tahun 2003. Mall ini pernah berjaya dan cukup ramai ketika masih diisi salah satu tenant "Naga Swalayan". Ketika pada bulan Oktober 2004, Naga Swalayan mundur karena persoalan sewa menyewa, Cimanggis Mall pun mulai ditinggalkan pengunjungnya. Walaupun masuk pengganti yaitu Supermarket Medali Mas, namun kehadirannya tidak juga mampu menarik pengunjung dan pada akhirnya mall ini benar-benar tutup permanen pada tahun 2006.

3.  Cimanggis Square
Pusat perbelanjaan ini terletak di pinggir Jalan Raya Bogor km 29. Tenant utama mall ini adalah sebuah department store dan hypermarket ternama milik adalah satu pengembang.

4.  Giant Supermarket
Terletak di Jalan Raya Bogor Km 31. Sesuai namanya, tempat belanja ini didominasi oleh perusahaan ritel tersebut.

5.  TipTop Swalayan
Pasar Swalayan lokal yang awalnya berdiri dan berjaya di sekitar Rawamangun, Jakarta ini juga mengembangkan cabangnya di Kota Depok. Lokasinya berada di Jl. Tole Iskandar, Depok 2. 

6.  Depok Town Center
Lokasinya berada di pinggir Jl. Raya Sawangan dan di depan kompleks perumahan Depok Maharaja. Tenant utama yang menghuni mall ini yaitu Superindo, McD dan Pizza Hut.


Bellevue Mall, Cinere, Depok
7.  Bellevue Mall
Mall ini baru beroperasi pada pertengahan tahun 2016. Lokasinya tidak berada jauh dari Cinere Mall hanya berkisar 1 km.

Ada satu lagi pusat perbelanjaan yang sedang dalam tahap pembangunan yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda.



8. Pesona Square

Pesona Square, Depok
Mall yang lokasinya berada di Jalan Raya Juanda ini baru beroperasi akhir tahun 2018. Mall ini menempati lahan seluas 42.000 m2 dan sebelum berdirinya Trans Studio Mall Cibubur Pesona Square diklaim sebagai mall terbesar di Kota Depok. Hampir serupa dengan beberapa mall lainnya dimana lokasi mall berdampingan dan terhubung dengan hunian apartemen dan ruang perkantoran.

9. Trans Studio Mall (TSM) Cibubur
Pusat Perbelanjaan Mall dan Plaza di Depok
Trans Studio Mall Cibubur, Depok
Walau berada di kawasan Cibubur, TSM ini masih masuk dalam wilayah Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. TSM yang dikeloa oleh Trans Corp ini selain sebagai pusat perbelanjaan juga mempunyai arena bermain dalam ruangan (indoor) yang diklaim sebagai yang terbesar di Indonesia. TSM juga merupakan mall terbesar di Depok mengalahkan Pesona Square yang sebelumnya menjadi yang terbesar di Depok.

Lalu Cibubur Junction masuk wilayah mana? Walau sama-sama berada dalam kawasan bernama Cibubur, ternyata Cibubur Junction masuk dalam wilayah Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Demikian daftar pusat perbelanjaan di Depok, semoga bermanfaat.

0 Komentar Untuk "Pusat Perbelanjaan Mall dan Plaza di Depok"

Posting Komentar